Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengulik Keunikan Keramik Cantik Studio 181

BANDUNG - Kreativitas dalam membuat kerajinan tangan adalah suatu hal luar biasa yang menjadi primadona sang perajin. Ide - ide kreatif yang muncul itulah nantinya menjadi suatu karya yang cantik. Hal itu pula yang dilakukan oleh pemilik Studio 181 Elina Farida yang berkreasi dengan keramik.

BANDUNG - Kreativitas dalam membuat kerajinan tangan adalah suatu hal luar biasa yang menjadi primadona sang perajin. Ide - ide kreatif yang muncul itulah nantinya menjadi suatu karya yang cantik. Hal itu pula yang dilakukan oleh pemilik Studio 181 Elina Farida yang berkreasi dengan keramik. Di Studio 181 yang terletak di jalan Taman Pramuka no 181, Elina dan perajin keramik berkreasi mengubah tanah liat menjadi keramik cantik yang unik. Ketika masuk ke dalam studionya Anda akan melihat beragam jenis bentuk keramik warna - warni yang digantung. Mulai dari hiasan dinding dengan ukiran kaligrafi, pigura dengan motif batik, tempat tissue, cangkir, tempat aromatheraphy, piring dan masih banyak lagi. Studio 181 juga menyediakan aksesoris unik dari keramik berupa kalung, gelang, dan anting. Untuk mendapatkan pernak-pernik dari keramik itu Anda tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam karena harga akan disesuaikan dengan jenis barang. Harga keramik Studio 181 berkisar mulai dari Rp5.000 - Rp300.000. Setelah mampir untuk membeli kerajinan keramiknya belum lengkap bila Anda tidak melihat langsung pembuatannya. Halaman belakang Studio 181 menjadi tempat pembuatan keramik - keramik cantik tersebut. Para perajin keramiknya akan menemani Anda berkeliling melihat proses pembuatan keramik ala Studio 181. Sambil berkeliling perajin akan memberi tahu bagaimana cara pembuatannya mulai dari bahan yang digunakan yaitu tanah liat Stoneware. Tanah liat tersebut didatangkan dari Sukabumi sebagai bahan baku pembuatan keramik. Kemudian proses pertama yang dilakukan yaitu penjemuran. Stoneware dijemur selama satu hari di atas gips supaya airnya diserap kemudian di uli atau diremas - remas supaya menghilangkan gelembung. Barulah proses pembentukan keramik yang terdiri dari beragam cara. Untuk membuat aksesoris, tempat sabun, asbak dan pernak - pernik menggunakan teknik cetak. Teknik memutar digunakan untuk membuat keramik silindris seperti piring, cangkir, dan mug. Lalu ada teknik slab yaitu membuat keramik yang berbentuk simetris seperti figura, hiasan dinding dan masih banyak lagi. Masuk ke proses finishing keramik dijemur kembali hingga agak mengeras dan warnanya memutih. Barulah di glasir dan diberi warna - warna cerah. Supaya keramik nampak mengkilat keramik kemudian disemprot bening atau glossy.Setelah selesai barulah keramik siap dibakar selama enam jam pada suhu 1.200 derajat Celcius. Untuk memaksimalkan hasil warnanya, keramik didiamkan terlebih dahulu dalam tungku oven selama satu hari. Barulah hasilnya akan terlihat jauh lebih cantik dari sebelumnya. Warna glasiran lebih cerah dan detailnya nampak. Keramik cantik Studio 181 siap menjadi pilihan souvenir Anda untuk kerabat atau hiasan dinding di rumah. (m02/ajz)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper