Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Sumedang Sukses Gelar Lomba Lintas Alam XXIX se-Jawa dan Bali 2024

Kemenpora mengapresiasi gelaran Lomba Lintas Alam XXIX Se-Pulau Jawa dan Bali yang sukses diselenggarakan di Kabupaten Sumedang akhir pekan lalu.
Lomba Lintas Alam XXIX Se-Pulau Jawa dan Bali yang sukses diselenggarakan di Kabupaten Sumedang.
Lomba Lintas Alam XXIX Se-Pulau Jawa dan Bali yang sukses diselenggarakan di Kabupaten Sumedang.

Bisnis.com, BANDUNG — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi gelaran Lomba Lintas Alam XXIX Se-Pulau Jawa dan Bali yang sukses diselenggarakan di Kabupaten Sumedang akhir pekan lalu.

“Kemenpora sangat mengapresiasi kegiatan positif seperti ini dan memberikan selamat kepada Sumedang yang telah secara Bersama-sama menyelenggarakan hajat akbar ini. Harapan kami, agar adik-adik ini menjadi generasi yang lebih baik ke depan, karena itu kegiatan positif apa pun, kegiatan berorganisasi, kegiatan pramuka, harus menjadi bagian dari kegiatan belajar mereka selama sekolah," tutur Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Kemenpora mewakili Menteri, Amar Ahmad.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono, menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar oleh Ambalan Soeriaatmadja - Dewi Sartika Gugus Depan SMA Negeri 1 Sumedang ini, menunjukkan kelompok yang menjadi kesatuan, mencintai ekologi dan ekosistem serta dekat dengan alam, dengan sang Pencipta dan kepada sesama.

Pj Bupati Sumedang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dian Sukmara menambahkan, gerakan ini menjadi penanda semangat kebersamaan tanpa memandang latar belakang masih sangat besar di masyarakat.

“Pemuda sebagai penyokong utama pembangunan bangsa menjadi agen penting menumbuh-kembangkannya. Marilah dengan kegiatan pramuka ini, kelak kalian menjadi pemimpin bangsa. Agar memiliki bekal, pemahaman yang cukup, mengenal rasa kebhinekaan,” tambah Dian.

Adi P Nugroho, Ketua Baduga Sumedang, sebuah komunitas sosial di Kabupaten Sumedang juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Lomba Lintas Alam ini.

"Baduga Sumedang selalu berupaya mendukung setiap kegiatan positif yang bersifat secara komunal dengan prinsip 4 Pilar Sodaqoh harta, harti, budi, tanagi sebagai pengejawantahan upaya gotong royong dalam rangka bermasyarakat dan bernegara. Kami berharap kegiatan ini dapat terus menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan keterampilan, karakter, dan rasa cinta terhadap alam," ungkap Adi.

Setelah hiatus selama 4 tahun, kegiatan ini menjadi agenda yang ditunggu-tunggu oleh para pelajar, dibuktikan dengan sebanyak 228 regu pendaftar yang terdiri dari 1.140 yang terdiri dari anggota pramuka maupun komunitas sekolah lainnya dari berbagai kabupaten/kota se-pulau Jawa dan Bali.

Acara ini juga sekaligus sebagai acara tahunan terbesar di Kabupaten Sumedang bagi Para Pelajar dalam mengasah kreativitas, kekompakan, dan cinta terhadap lingkungan.

Dalam gelaran, para peserta Lomba Lintas Alam (LLA) harus melewati rute sepanjang 14 kilometer, terbagi sebanyak 5 pos, yang terbentang di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan, dengan berbagai tantangan medan seperti hutan, sungai, bukit, dan pemukiman. 

Selain menguji fisik dan ketahanan mental, kegiatan ini juga melaksanakan penanaman pohon dan para peserta diajak untuk lebih mengenal bentang alam setempat serta belajar bagaimana menjaga dan melestarikannya.

Dalam kesempatan ini Ketua pelaksana, Risqi Assayyidan besyukur acara ini sukses digelar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menjadi langkah awal bagi generasi muda untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan," ujar Risqi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper