Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Targetkan Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung Dimulai 2026

Jalan tol dalam kota direncanakan menghubungkan wilayah utara dan selatan Kota Bandung.
Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara. istimewa
Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara. istimewa

Bisnis.com, BANDUNG— Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya untuk mempercepat pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi.

"Target sampai tahun 2025 itu review desain. Kita cek lagi desain ada kemungkinan juga trasenya diperbaiki supaya memenuhi standar sebagai jalan tol," kata Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, Rabu (9/10/2024).

Menurut dia, perlu evaluasi menyeluruh meskipun target pembangunan pun akan ikut berubah lantaran kondisi yang sudah berkembang.

"Kondisi di lapangan berubah. Ada fly over, pembangunan gedung, jadi tingkat kesulitan pembangunan dievaluasi lagi," ungkapnya.  

Koswara mengatakan, secara keseluruhan proyek BIUTR tersebut sudah diambil alih oleh pemerintah pusat. Sehingga daerah tinggal mendukung dan pengkondisian sosial di masyarakat. 

"Secara keseluruhan BIUTR ini sudah diambil alih pemerintah pusat, jadi kita tinggal menunggu dukungan lapangan kemudian kondisi sosial masyarakat," ungkapnya. 

Terkait detail engineering design (DED) dan lelang investasi akan dilaksanakan sekitar tahun 2025. DED mencakup dokumen desain teknis yang memerinci semua aspek proyek konstruksi, seperti desain struktural, mekanikal, elektrikal, dan spesifikasi material.

"Jadi tahun 2025 itu DED dan lelang investasinya. Kalau selesai DED dan lelang, jadi tahun 2026 harus mulai konstruksi," tuturnya. 

Disinggung soal target rampungnya pembangunan, Koswara menyebutkan, pembangunan tergantung dari lahan yang akan menjadi target. 

"Pembangunan tergantung dari lahan. Biasanya yang menjadi kendala itu di lahan, mudah - mudahan karena ini sudah dipersiapkan lebih lama, lahan bisa teratasi dibantu semua pihak," ujar Koswara. 

Adapun untuk rute, mulai dari Jalan Pasteur - Jalan Pasupati - Gasibu. Alternatif 1 ke Cicaheum dan alternatif 2 masuk ke Jalan Supratman - Antapani.

"Rutenya itu, Jalan Pasteur arah Pasupati, kemungkinan alternatif 1 terus ke Cicaheum. Alternatif 2 sedang dikaji itu masuk ke Supratman terus ke Antapani. Ini lagi diperbandingkan mana yang lebih efisien," ungkapnya. 

Menurutnya, BIUTR ini jalan tol dalam kota direncanakan menghubungkan wilayah utara dan selatan Kota Bandung. 

Proyek ini bertujuan untuk memperbaiki aksesibilitas dan mengurangi kemacetan di Kota Bandung dan sekitarnya.

"Sehingga kawasan utara dan selatan itu jalan Bypass (Soekarno Hatta) menyambung dengan Tol Padaleunyi melalui gerbang 149 dan Jalan Rumah Sakit, ujungnya di Cibiru - Cileunyi," tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper