Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minta Semua Pihak Sukseskan Pilkada Serentak, Sekda Jabar: Ini Patriotic Call

Pilkada Serentak 2024 bukan hanya sekadar kewajiban administratif, tetapi juga merupakan panggilan patriotik bagi seluruh elemen pemerintah.
Pilkada 2024/kpukotacimahi
Pilkada 2024/kpukotacimahi

Bisnis.com, BANDUNG--Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 bukan hanya sekadar kewajiban administratif, tetapi juga merupakan panggilan patriotik bagi seluruh elemen pemerintah. 

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman dalam Rapat Koordinasi Terpadu Tim Desk Pilkada Provinsi Jabar Bersama Tim Desk Pilkada Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat di Hotel Green Forest, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (3/10/2024). 

Tema utama yang diangkat dalam rakor, yakni “Mekanisme Dukungan Pemerintah Daerah terkait Persiapan dan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024". 

"Saya ingin mengawali dari pemahaman filosofis sehingga kita bisa menempatkan bahwa pilkada serentak ini adalah alat untuk menyejahterakan supaya ada patriotic call bukan hanya sebatas to see, tapi lebih dari itu," ujar Herman. 

"Jadi suksesnya pilkada serentak ini sebuah keharusan, merupakan kewajiban yang didalamnya kita semua bertanggung jawab," imbuhnya. 

Herman juga menjelaskan bahwa meskipun KPU bertanggung jawab secara teknis dan Bawaslu melakukan pengawasan, peran pemerintah daerah sangat krusial dalam mengawal seluruh proses ini. 

“Pemda baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota harus mengawal dengan serius karena ini adalah bagian dari tugas umum pemerintahan,” jelasnya. 

Herman juga menyoroti tiga fungsi utama pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, yaitu membangun untuk menyejahterakan, memberdayakan untuk memandirikan serta memberikan pelayanan yang menjamin keadilan. 

“Akhirnya, semua fungsi pemerintah ini bermuara pada satu tujuan, rakyat yang sejahtera, mandiri, dan merasakan keadilan. Inilah tugas utama kita sebagai pemerintah,” tuturnya. 

Tak hanya membahas mekanisme persiapan teknis, Herman juga menekankan pentingnya kolaborasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan perangkat desa untuk memastikan pilkada serentak berjalan sukses. 

"Tugas ini tidak bisa hanya ditangani oleh beberapa pihak. Semua elemen, mulai dari bagian tapem (tata pemerintahan), kesbang (kesatuan bangsa) hingga OPD dan perangkat desa harus bersatu untuk memastikan pilkada berjalan lancar," tegasnya. 

Dengan sinergi yang kuat antara pemda dan penyelenggara pilkada, Herman optimistis bahwa Pilkada Serentak 2024 di Jabar akan berjalan sukses, menghasilkan pemimpin-pemimpin daerah yang mampu membawa kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper