Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.365 Wisatawan Mancanegara Datang ke Jabar Melalui Bandara Kertajati

Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, menjadi salah satu pintu masuk utama wisatawan mancanegara ke Jawa Barat.
Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

Bisnis.com, MAJALENGKA - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, menjadi salah satu pintu masuk utama wisatawan mancanegara ke Jawa Barat. Bandara tersebut menggantikan keberadaan Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung.

Dalam catatan BPS, pada Juli 2024 Jawa Barat menerima kedatangan wisatawan mancanegara sebanyak 1.365 orang. Sebagian besar atau 1.090 wisatawan beras dari Malaysia.

Kepala BPS Jawa Barat Marsudijono mengatakan kunjungan wisatawan wisatawan mancanegara ke Jawa Barat melalui Bandara Kertajati terus mengalami peningkatan. Pada Juni 2024, kunjungan hanya sebanyak 820 orang atau naik 66,46%.

"Seluruh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Jawa Barat masuk melalui pintu masuk Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka," kata Marsudijono, Senin (9/9/2024).

Marsudijono menyebutkan, setelah dicabutnya status pandemi covid-19 di Indonesia pada Juni 2023, penerbangan internasional di Jawa Barat mulai berangsur naik. 

Bandara Kertajati kembali membuka penerbangan internasional sejak Mei 2023. Sementara itu, Bandara Husein Sastranegara walaupun sudah tidak melayani penerbangan komersial internasional, tetapi masih melakukan penerbangan dengan rute terbatas.

"Pada bulan Oktober 2023 penerbangan komersial internasional melalui Bandara Husein Sastranegara resmi ditutup," kata Marsudijono.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper