Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Diajak Awasi Proses Pendaftaran Peserta Pilkada Serentak di Cirebon

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Esya Kurnia Puspawati mengatakan semua persiapan untuk proses pendaftaran telah selesai dilakukan.
Pilkada 2024/kpukotacimahi
Pilkada 2024/kpukotacimahi

Bisnis.com, CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon membuka pendaftaran bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada 2024 mulai Selasa (27/8/2024) hingga Rabu (29/8/2024).

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Esya Kurnia Puspawati mengatakan semua persiapan untuk proses pendaftaran telah selesai dilakukan. Pihaknya juga sudah mengimbau partai politik yang akan maju dalam kontestasi ini untuk segera mempersiapkan seluruh persyaratan administratif.

"Pembukaan pendaftaran mulai dilakukan besok. Pengumuman pendaftaran juga sudah dilakukan sejak 24 Agustus 2024," kata Esya, Senin (26/4/2024).

Untuk menjamin transparansi dalam proses pendaftaran, KPU Kabupaten Cirebon juga akan melibatkan masyarakat dan pemantau pemilu untuk ikut mengawasi jalannya proses tersebut.

KPU Kabupaten Cirebon juga memastikan seluruh tahapan akan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tanpa ada kecurangan.

Esya mengatakan, ntuk mengantisipasi adanya lonjakan jumlah pasangan calon yang mendaftar, KPU juga telah menyiapkan tim khusus yang akan bertugas melakukan verifikasi berkas.

Setelah proses pendaftaran ditutup pada 29 Agustus 2024, KPU akan melanjutkan dengan proses verifikasi dokumen yang berlangsung selama beberapa hari. Pasangan calon yang lolos verifikasi akan diumumkan pada awal September 2024. 

Pilkada Kabupaten Cirebon 2024 diprediksi akan menjadi salah satu kontestasi politik yang sengit, mengingat besarnya minat masyarakat dan partai politik dalam pemilihan kepala daerah ini.

Beberapa nama calon yang disebut-sebut akan maju dalam Pilkada ini telah mulai melakukan sosialisasi dan pendekatan ke masyarakat sejak beberapa bulan terakhir.

Masyarakat Kabupaten Cirebon pun diimbau untuk ikut berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi ini dengan menggunakan hak pilihnya secara bijak pada hari pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada November 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper