Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rangkaian Acara Peringatan HUT ke-79 RI di Kabupaten Sumedang

Pemkab Sumedang akan menggelar banyak acara untuk memeringati HUT ke-79 RI. Salah satunya adalah pawai lampion yang melibatkan warganya.
Penjual bendera/Blorakab
Penjual bendera/Blorakab

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten Sumedang akan menggelar banyak acara untuk memeringati HUT ke-79 RI. Salah satunya adalah pawai lampion yang melibatkan warganya.

Ketua panitia HUT ke-79 RI tingkat Kabupaten Sumedang yang juga Plt Asda Ekbang Dikdik Syeh Rizki mengatakan untuk pawai lampion akan digelar Jumat, 16 Agustus 2024 malam. 

"Untuk peserta pawai lampion ini adalah sekolah yang ada disekitaran kota Sumedang baik jenjang SD, SMP, SMA/SMK baik negeri maupun swasta," jelas Dikdik, Senin (12/82024).

Adapun untuk rute pelaksanaan pawai lampion lanjut Dikdik yaiu sekitaran Jl P Geusan Ulun dimana star dimulai dari perempatan depan BRI melewati Alun alun Sumedang dan finish di pertigaan BNI.

Lebih lanjut dikatakan Dikdik pelaksanaan pawai lampion ini dipastikan akan lebih semarak karena masing masing sekolah akan juga menampilkan kreasinya. 

"Kami persilahkan masing masing sekolah untuk menampilkan kreasinya masing masing sehingga bisa menarik perhatian dan memberikan hiburan bagi masyarakat," tambahnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan, rangkaian HUT ke-79 RI akan digelar mulai 7-24 Agustus 2024 dengan mengusung tema nasional ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’ ini akan diikuti oleh jajaran ASN dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang.

"Rencananya nanti sesuai rangkaian yang sudah disetujui, bahwa pertanggal 7 Agustus akan ada perubahan nama RSUD Sumedang. Kemudian tanggal 13 Agustus nanti akan dilaksanakan pelantikan anggota DPRD terpilih periode 2024-2029 oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Sumedang di Gedung Negara," kata Dikdik.

Selain itu, pada 16 Agustus 2024 jam 10.00 WIB akan dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumedang di Gedung Negara, dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-79 tahun 2024.

"Di hari yang sama (16 Agustus) dilaksanakan pula Pawai Lampion mulai pukul 19.00 WIB yang dipusatkan di Alun-alun Sumedang yang diikuti perwakilan sekolah, BUMD dan BUMN," ungkapnya.

Kemudian pada tengah malam 16 Agustus 2024 di Taman Makam Pahlawan Cimayor dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0610 Sumedang.

"Gelar Apel Kehormatan ini menandakan teguh perjuangan telah siap menyambut kemerdekaan, dihantarkan dengan khidmatnya renungan suci," ujarnya.

Sementara, untuk puncak peringatan HUT ke-79 RI akan dilaksanakan Upacara Bendera Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, dilanjutkan dengan penyematan dan penyerahan berbagai penghargaan yang dipusatkan di Lapangan Upacara PPS pukul 09.00 WIB. 

Sedangkan sore harinya pukul 16.00 WIB dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera dilanjutkan dengan gelar senja.

Adapun untuk kegiatan perlombaan atau hiburan, Dikdik menuturkan akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus 2024.

"Dimulai dengan lomba Mars Sumedang yang akan dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai 23 Agustus 2024 di objek wisata Taman Seribu Cahaya mulai pukul 08.00 WIB. Kemudian lomba kebersihan antar perangkat daerah, kecamatan, desa dan sekolah pada 5 – 12 Agustus," katanya.

Dalam rangkaian kemeriahan HUT ke-79 RI di tahun 2024 ini, Pemda Kabupaten Sumedang juga akan melaksanakan kegiatan bernama Gerakan Revolusi Putih yang akan dilaksanakan tanggal 24 Agustus di Lapangan PPS.

"Gerakan revolusi putih merupakan gebyar minum susu sejak dini, suka makan buah dan sayur, makan ikan dan telur dalam upaya hidup sehat dan mencerdaskan anak bangsa. Kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan anak sekolah di Kabupaten Sumedang," ucap Dikdik.

Sedangkan tanggal 24 Agustus 2024 sebagai kegiatan pamungkas dalam rangkaian HUT ke-79 RI akan dilaksanakan Pesta Rakyat.

"Tanggal 24 akan dilaksanakan berbagai macam kegiatan mulai pagi sampai malam hari. Dimulai dengan ngagogo lauk di kolam masjid Al Kamil PPS. Kemudian panjat pinang, dan terakhir malam puncak HUT RI ke-79 di lapangan upacara PPS yang akan menghadirkan artis lokal dan nasional," imbuhnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper