Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PG Rajawali II Target Produksi Gula 84.000 Ton pada 2024

ID Food menargetkan produksi gula sebanyak 84.000 ton dari Pabrik Gula (PG) Rajawali II, lebih besar 27% dibandingkan produksi tahun sebelumnya.
Pedagang mengemas gula pasir di Pasar Minggu, Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pedagang mengemas gula pasir di Pasar Minggu, Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, CIREBON - Holding BUMN Pangan ID Food menargetkan produksi gula sebanyak 84.000 ton dari Pabrik Gula (PG) Rajawali II, lebih besar 27% dibandingkan produksi tahun sebelumnya.

Direktur Utama ID Food Sis Apik Wijayanto mengatakan, produksi dari PG Rajawali II menjadi penopang bagi pasokan gula dan sumber penghasilan petani tebu di wilayah Jawa Barat. Pabrik tersebut tuh menjadi benteng  terakhir bagi keberlanjutan industri gula di Jawa Barat.

Menurut Sis, pihaknya optimistis target tersebut mampu dikejar, lantaran perusahaan yang berada di wilayah Kota Cirebon ini, tahun lalu mampu mencatatkan penjualan hingga Rp2,1 triliun.

"Pertumbuhan penjualan ini berdampak pada torehan laba bersih sebesar Rp68 miliar. Saat ini kinerja PT PG Rajawali II Cirebon membaik seiring berbagai pembenahan dan inovasi di sektor on farm dan off farm yang telah dilakukan,” kata Sis melalui keterangan tertulis, Kamis (8/8/2024).

Sis menyebutkan, kinerja positif itu sejalan dengan peningkatan kinerja operasional perusahaan. Tahun lalu, ruas areal tebu yang dikelola PT PG Rajawali II meningkat 13%, dari 15.000 hektare menjadi 17.000 hektare. 

Capaian kinerja tersebut menjadi concern ID Foodebagai Holding. “Mengingat kinerja operasional yang baik akan berdampak pada peningkatan produktivitas gula dan produk turunannya sebagai sumber pendapatan utama pabrik gula,” katanya.

Sis pun mengharapkan, perbaikan kinerja perusahaan gula satu-satunya di Jawa Barat ini dapat berefek bagi pembangunan dan pertumbuhan lingkungan masyarakat sekitar. 

Pembenahan kinerja pabrik, lanjutnya, mampu menumbuhkan kepercayaan sekaligus mendorong minat masyarakat di sekitar untuk menanam tebu.

"Tentunya salah satu modal menuju swasembada gula adalah tumbuhnya minat masyarakat menanam tebu. Untuk itu, Pabrik Gula ID Food Group terus gencar meningkatkan program kemitraan tebu bersama para petani tebu rakyat di sekitar wilayah PG," katanya.

Diketahui, PG Rajawali II merupakan anak perusahaan ID FOOD yang saat ini mengelola 3 pabrik gula, yaitu PG Jatitujuh di Kabupaten Majalengka, PG Tersana Baru dan PG Sindanglaut di Kabupaten Cirebon.

Total kapasitas produksi PT PG Rajawali II adalah 8.800 Ton Cane / Day (TCD). Perusahaan ini juga memiliki pabrik pengolahan spiritus dan etanol kualitas ekspor yaitu PSA Palimanan di Kabupaten Cirebon. Produk etanol PSA Palimanan secara rutin diekspor ke Belanda.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper