Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir Juli 2024, Harga Cabai Rawit Merah hingga Daging Ayam di Cirebon Masih Tinggi

Harga daging ayam ras segar saat ini masih saat ini masih Rp21.000 per kilogram. Beberapa pekan lalu masih Rp26.000 per kilogram.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Harga beberapa komoditas pangan Kabupaten Cirebon terpantau masih tinggi pada akhir Juli 2024 di antaranya, cabai rawit merah, minyak goreng curah, dan daging ayam ras segar. 

Menyitir data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, Senin (29/7/2024), harga daging ayam ras segar saat ini masih saat ini masih Rp21.000 per kilogram. Beberapa pekan lalu masih Rp26.000 per kilogram.

Minyak goreng curah saat ini dijual dengan harga Rp18.750 per kilogram. Angka tersebut bertahan sejak dua bulan terakhir. Kemudian, untuk komoditas jenis cabai rawit merah terus mengalami kenaikan harga dari harga Rp70.000 per kilogram menjadi Rp89.000.

Pedagang sayur di Pasar Pasalaran Kabupaten, Yani mengatakan harga cabai terus naik lantaran pasokan dari pihak distributor tidak berjalan lancar. Padahal, saat ini bukan memasuki musim penghujan.

"Cabe setan (cabai rawit merah) naik terus kondisinya bagus-bagus juga. Biasanya kalau kemarau itu turun, ini malah sebaliknya," kata Yani di Kabupaten Cirebon, Senin (29/7/2024).

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon justru mewaspadai kenaikan harga komoditas pangan berupa beras pascapanen raya.

Penjabat Bupati Cirebon Wahyu Mijaya mengatakan hasil panen padi perdana petani di Kabupaten Cirebon pada 2024 ini tidak memuaskan. Sementara, kebutuhan untuk masyarakat terus mengalami peningkatan.

Meskipun begitu, lanjut Wahyu, pemerintah daerah mengaku tidak khawatir adanya ancaman tersebut. Stok yang disimpan di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Cirebon bakal menjadi andalan saat adanya lonjakan harga.

"Mudah-mudahan stok yang ada di Bulog dipastikan tetap aman," kata Wahyu 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper