Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Mayoritas Pangan di Cirebon Naik Pascalibur Iduladha

Harga pangan di Kabupaten Cirebon mengalami lonjakan pada Selasa (18/6/2024) atau pascalibur Hari Raya Iduladha 1445 H.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Harga pangan di Kabupaten Cirebon mengalami lonjakan pada Selasa (18/6/2024) atau pascalibur Hari Raya Iduladha 1445 H.

Beberapa jenis pangan yang mengalami kenaikan yaitu, cabai rawit hijau, cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang putih, telur ayam ras segar, dan daging ayam ras segar.

Menyitir data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, Selasa (18/6/2024), harga cabai rawit hijau di Kabupaten Cirebon saat ini Rp41.000 per kilogram. Sementara pekan lalu hanya Rp37.500.

Daging ayam ras segar saat ini dijual dengan harga Rp33.000 per kilogram. Sedangkan pekan sebelumnya berada diharga Rp29.500 per kilogram.

Untuk komoditas jenis cabai merah besar turut mengalami kenaikan harga dari harga Rp41.000 per kilogram menjadi Rp52.000.

Telur ayam ras segar saat ini dijual dengan harga Rp28.250 per kilogram. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan pekan lalu sebesar angka Rp28.000.

Kemudian bawang putih merah yang beberapa pekan lalu menginjak angka Rp48.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp49.000.

Penjabat Bupati Cirebon Wahyu Mijaya mengatakan komoditas yang mengalami kenaikan tersebut menjadi perhatian pemerintah daerah sejak beberapa waktu lalu. 

"Komoditas tersebut terpantau terus melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Barang itu juga menjadi pemicu inflasi," kata Wahyu di Kabupaten Cirebon, Selasa (18/6/2024).

Wahyu mengatakan inflasi di Kabupaten Cirebon pada Mei 2024 sebesar 1,97%. Angka tersebut pun diklaim lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

"Jadi kalau melihat posisi ini, trennya baik pusat, provinsi mapun Kabupaten Cirebon relatif turun. Tapi kembali saya ingatkan, waspada kenaikan harga menjelang Iduladha," kata Wahyu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper