Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Jembatan BBS Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

Lautan sampah di daerah aliran sungai (DAS) Citarum tersebut belakangan viral karena badan sungai seluruhnya tertutup oleh sampah.
Sampah yang berada di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.
Sampah yang berada di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Bisnis.com, BANDUNG--Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau lokasi lautan sampah yang berada di Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (12/6/2024).

Lautan sampah di daerah aliran sungai (DAS) Citarum tersebut belakangan viral karena badan sungai seluruhnya tertutup oleh sampah. Penumpukan sampah sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu dan makin parah pada akhir pekan kemarin.

Pihak BBWS Citarum, Dinas Lingkungan Hidup Jabar dan sejumlah pihak pun sudah menerjunkan petugas dan alat berat untuk membersihkan sampah yang menutup sungai. Bey memastikan kehadirannya di lokasi agar proses pembersihan berlangsung cepat.

Bey menilai fenomena penumpukan yang hampir menyerupai pulau sampah ini terjadi karena ketinggian air tengah turun dan adanya sedimentasi sungai.

Hal ini diperparah dengan kebiasaan warga di DAS Citarum yang masih membuang sampah ke sungai.

"Memang ini kan karena airnya turun, dan adanya sedimen dan terutama juga sampah ini kan kembali kepada kedisiplinan warga. Jadi kami mohon masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya, dan ini ya, ya ini akibatnya," katanya.

Dari penjelasan di lapangan, menurutnya jika aliran sungai lancar, sampah-sampah tersebut akan tertahan di ujung, namun karena volume sampah sudah meninggi ditambah sedimen maka sampah tersebut bertumpuk di sepanjang aliran yang melintas di bawah jembatan BBS.

Pihaknya menargetkan upaya pembersihan sampah yang akan dilakukan secara maraton bisa menuntaskan tumpukan tersebut selama satu pekan ke depan. Namun karena asal sampah datang dari berbagai daerah di Bandung Raya, proses pembersihan menurutnya akan memakan waktu.

"Dan ini akan kita bersihkan mungkin satu minggu satu, lima hari sampai satu Minggu. Kebayang teman-teman lihat sendiri banyak sekali sampahnya, mulai dari mana juga bingung, karena dari Bandung Raya, Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Cimahi, Bandung Barat juga," tuturnya.

Untuk mempercepat pembersihan sampah Bey juga memastikan akan ada tambahan alat berat di lokasi untuk mengeruk sampah dan sedimentasi. "Ini ada tambahan alat ya, untuk pengerukannya lebih cepat lagi," katanya.

Menurutnya dari kebijakan strategi daerah tentang persampahan, Jawa Barat harus bisa mengurangi volume sampah di hulu pada 2025 hingga 30%. Pencapaian ini bisa diraih jika sampah organik bisa dikurangi dari level rumah tangga.

"Itu udah komitmen semua, pemerintah pusat pemerintah daerah, jadi harusnya semua kepala daerah kembali mengingatkan menginstruksikan seluruh warganya untuk mengurangi. Jadi kalau masyarakat buang sampah di tempatnya kan tidak akan terjadi seperti ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler