Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serahkan Kadeudeuh untuk Persib, Bey Cemaskan Nasib Pemain Kala Pensiun

Bey mendorong semua pihak khususnya manajemen Persib dan BUMD di Jabar untuk memberi peluang supaya kehidupan para pemain tetap stabil usai pensiun.
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (kedua kiri)
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (kedua kiri)

Bisnis.com, BANDUNG--Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin berharap pemain Persib Bandung usai gantung sepatu bisa diberdayakan.

Bey mendorong semua pihak khususnya manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jawa Barat, untuk memberi peluang supaya kehidupan para pemain tetap stabil usai pensiun.

"Sudah banyak pemain Persib yang melegenda. Tapi kami mohon, yang muda-muda kalau boleh dibekali pendidikan juga wirausaha. Jangan sampai kita mendengar, saat jadi bintang berhasil. Ketika turun menyedihkan," katanya di acara bertajuk Kadedeuh untuk Persib Juara BRI Liga 1 2023/2024 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (46/2024).

Di acara tersebut 3 BUMD Jawa Barat yakni Bank BJB, Jamkrida Jabar dan Migas Utama Jabar mengguyur kadedeuh kepada Persib Bandung dengan total Rp500 juta.

Bey mengatakan kadedeuh bagi Maung Bandung murni atas inisiatif BUMD mengapresiasi perjuangan para pemain yang telah mengharumkan nama Kota Bandung di kancah sepakbola.

"Saya sampaikan, tidak memaksa dan tidak melarang. Silakan sesuai aturan berlaku, jangan sampai di kemudian hari ada masalah," katanya.

Karena itu dia juga berharap kepada BUMD khususnya Bank BJB untuk membuka peluang bagi para pemain, memberikan bantuan supaya ketika pensiun tetap memiliki penghasilan.

"Saya meminta BUMD untuk membantu, menawarkan. Kita sering mendengar pemain bola, bulutangkis atau apapun yang saat usia 40-50 mulai (kesulitan). BJB punya beberapa program, mungkin bisa. Itu pun kalau mereka (pemain) mau. Setidaknya dibekali ilmu," ucapnya.

Dimana harapannya, sebagian penghasilan para pemain dapat diolah menjadi usaha supaya kehidupan mereka di usia tua, usai gantung sepatu masih tetap terjamin.

"Saya mikir, sebagai kepala daerah kan banyak putra daerah Jawa Barat di Persib. Jadi jangan sampai tidak jelas nasibnya," imbuhnya.

Selain penyerahan kadedeuh, Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut memberikan uang santunan kepada keluarga yang mobilnya dirusak oleh oknum bobotoh pada Jumat pekan lalu. 

Bey sendiri mengapresiasi keberhasilan Persib Bandung, yang berhasil menjuarai Liga 1 2023/2024. Mengingat penantian para bobotoh diakuinya cukup panjang, dimana terakhir kalinya Persib merengkuh trofi juara pada 2014 silam.

"Masyarakat sangat mengapresiasi keberhasilan Persib, karena sudah menunggu 10 tahun untuk juara lagi. Tentunya mempertahankan lebih sulit daripada merebut. Ini jadi tantangan bagi Persib," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper