Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sein Farm Kota Bandung Jadi Pusat Pengembangan Sorgum di Indonesia

Sein Farm, yang berlokasi di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, kini resmi menjadi pusat pengembangan sorgum di Indonesia.
Sein Farm/Istimewa
Sein Farm/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Sein Farm, yang berlokasi di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, kini resmi menjadi pusat pengembangan sorgum di Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menjelaskan bahwa penetapan Sein Farm sebagai pusat pengembangan sorgum adalah langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi tanaman tersebut yang memiliki banyak manfaat.

Lebih lanjut, Gin Gin menerangkan bahwa Sein Farm akan difokuskan pada budi daya sorgum dengan menggunakan metode yang efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, berbagai varietas sorgum akan dikembangkan untuk menyesuaikan dengan kondisi iklim dan tanah di Kota Bandung.

"Sorgum dapat diolah menjadi berbagai produk pangan seperti tepung, roti, dan makanan ringan, yang akan meningkatkan nilai tambah dan diversifikasi produk pertanian," jelas Gin Gin, dikutip Rabu (29/5/2024).

Sein Farm juga akan berfungsi sebagai pusat penelitian dan pengembangan sorgum, bekerja sama dengan Universitas Pasundan dan berbagai lembaga penelitian lainnya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas sorgum.

"Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak demi meningkatkan kualitas sorgum di Indonesia," tambah Gin Gin.

Dukungan penuh juga datang dari BRI dan Universitas Pasundan. Branch Manager BRI Cabang Ahmad Nasution Ferdian Handoko menyatakan komitmennya dalam mendukung pengembangan kawasan ini melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bantuan agrowisata.

"Alhamdulillah, kami diberi kesempatan untuk mendukung pengembangan Sein Farm. Kami berharap kawasan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan Kota Bandung," kata Ferdian.

Senada dengan Ferdian, Direktur Pascasarjana Unpas Eddy Jusup mengungkapkan harapannya agar Sein Farm dapat menjadi model sukses dalam pengembangan sorgum. Ia menekankan pentingnya kolaborasi untuk mencapai tujuan ini.

Dengan kebersamaan dan kolaborasi, diharapkan Sein Farm bisa menjadi pusat edukasi pertanian dan budaya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Eddy juga menambahkan bahwa penetapan Sein Farm sebagai pusat pengembangan sorgum di Indonesia merupakan langkah penting dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Dengan berbagai program yang telah direncanakan, Sein Farm diharapkan dapat menjadi contoh sukses pengembangan tanaman sorgum yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat luas," pungkasnya.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan lokal serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pertanian di Indonesia.

Dengan adanya pusat pengembangan ini, sorgum diharapkan dapat menjadi salah satu komoditas unggulan yang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan lokal tetapi juga meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara keseluruhan.

(Dini Putri Haryanti)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper