Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekda Jabar Ajak Perguruan Tinggi Kolaborasi Ciptakan Sistem Terintegrasi Berbasis AI

Perguruan tinggi harus mampu berkolaborasi menciptakan sistem terintegrasi memanfaatkan teknologi AI guna mencetak lulusan yang unggul dan dapat diandalkan.
Sekda Jabar Herman Suryatman
Sekda Jabar Herman Suryatman

Bisnis.com, BANDUNG--Sekda Jabar Herman Suryatman mengajak perguruan tinggi berkolaborasi menciptakan sistem terintegrasi memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) guna mencetak lulusan yang unggul dan dapat diandalkan. 

"Rumusnya good data, good decision and good result," ujar Herman Suryatman saat menjadi keynote speaker pada 'Unpad Science Techno Park Summit 2024' di Hotel Mercure, Kota Bandung, Senin (27/5/2024). 

"Anak kuliah harus paham data: apa kelebihannya, apa kekurangannya, bagaimana sekelilingnya. Berdasarkan data itu nantinya ada tujuan yang jelas, saya harus melanjutkan kemana? apakah bekerja dan lain sebagainya," tambah Herman. 

Herman memandang peluang kolaborasi dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) terbuka lebar mengingat perguruan tinggi negeri tersebut telah memiliki Kawasan Sains dan Teknologi (KST) atau Science and Technology Park. 

KST adalah wahana yang dikelola secara profesional untuk mengembangkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan melalui pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan penumbuhan perusahaan pemula berbasis teknologi. 

"Itu merupakan spirit dari kami (Pemdaprov Jabar), dan kita butuh peran perguruan tinggi salah satu unitnya yaitu Science Technology Park, karena sudah mengombinasikan antara knowledge dengan data empiris," jelas Herman. 

Menurut Herman, teknologi AI di era digital seperti sekarang menjadi alat yang mempermudah manusia dalam segala jenis bidang pekerjaan. Ia meyakini dosen-dosen perguruan tinggi di Jabar sudah paham, tinggal mengeksekusi dengan cara yang tepat. 

"Saya kira (dosen) sangat friendly dengan machine learning, dengan AI, tinggal di-setup dan kalau bisa kita buat, bisa dibayangkan setiap anak bisa melakukan self assesment. Seperti Chat GPT dalam hitungan detik dia bisa menjawab apapun," ungkapnya.

Apabila hal itu dapat direalisasikan, maka Sekda Herman optimistis lulusan SMA dapat melangkahkan kakinya lebih tepat karena ada bantuan dari teknologi AI yang mengarahkan pribadinya sesuai dengan keahlian dan kesukaan. 

"Nantinya setelah lulus SMA saya harus kemana? AI dapat menjawab dan kita bisa profiling data anak seperti apa, kondisi orang tua, kondisi lingkungan seperti apa, pada saat algoritma berjalan akan menghadirkan jawaban tepat," kata Herman.  

"Saya kira itu contoh sederhana, sehingga semua anak bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk jangka pendek," tambahnya. 

Untuk itu, Pemdaprov Jabar berkomitmen melakukan ujicoba penerapan sistem terintegrasi berbasis data empiris dengan teknologi AI di salah satu sekolah SMA/SMK. 

"Nanti kita ujicobakan di salah satu SMA/SMK dengan catatan data anak dari yang bersangkutan lengkap dan akan luar biasa menjadi lompatan setiap anak bisa self assesment," pungkas Herman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler