Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Sejarah: Pendopo Kota Bandung Kini Dibuka untuk Umum, Cek Jadwalnya

Pendopo Kota Bandung, salah satu peninggalan sejarah yang berharga, kini akan dibuka untuk umum setiap akhir pekan.
Pendopo Kota Bandung/Istimewa
Pendopo Kota Bandung/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Pendopo Kota Bandung, salah satu peninggalan sejarah yang berharga, kini akan dibuka untuk umum setiap akhir pekan.

Dalam upaya untuk mengenalkan kekayaan sejarah Kota Bandung kepada masyarakat dan wisatawan, pendopo yang terletak di Jalan Dalemkaum No. 56 ini akan menerima kunjungan pada hari Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Bandung Syukur Sabar mengumumkan bahwa kunjungan akan tersedia dalam empat sesi berbeda, dimulai dari pukul 09.00-10.00 WIB, 10.00-11.00 WIB, 13.00-14.00 WIB, dan 14.00-15.00 WIB.

"Ini merupakan kolaborasi dengan Disbudpar dan Diskominfo Kota Bandung. Jadi, masyarakat atau wisatawan bisa mengunjungi Pendopo untuk wisata sejarah Kota Bandung. Kunjungan dibuka pada Sabtu dan Minggu, selama tidak ada kegiatan besar di Pendopo," ujar Syukur dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Bandung, Jumat (10/5/2024).

Untuk mengunjungi pendopo, reservasi melalui situs web resmi Kota Bandung, https://smartcity.bandung.go.id/form/reservasi-pendopo, diperlukan. Setiap sesi kunjungan akan memuat sekitar 25 orang pengunjung.

Syukur menekankan bahwa kolaborasi antara Pemerintah Kota Bandung dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung memungkinkan masyarakat dan wisatawan untuk menjelajahi keindahan sejarah Kota Bandung melalui kunjungan ke pendopo. Namun, kunjungan akan bergantung pada ketersediaan ruang, terutama saat tidak ada acara besar di tempat tersebut.

Selain menyiapkan kartu identitas dan melakukan reservasi, pengunjung diingatkan untuk tidak membawa makanan selama kunjungan ke pendopo.

Tim dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan memandu wisatawan melalui berbagai area di pendopo, memberikan wawasan tentang sejarah pendopo dan peranannya dalam perjalanan Kota Bandung dari masa lalu hingga sekarang.

"Bandung ini dikenal lewat sejarah dan juga beberapa gedung heritage-nya. Nah, jadi di sesi kunjungan ke Pendopo ini, nantinya wisatawan akan dipandu oleh tim dari Disbudpar. Nanti akan dijelaskan sejarah mengenai Pendopo dan beberapa ruangan di dalamnya. Sebab ini bagian dari sejarah, sejak zaman Bupati Bandung hingga kini Kota Bandung dipimpin sosok Wali Kota," ungkapnya.

Diharapkan bahwa pembukaan pendopo untuk kunjungan wisata akan meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kota Bandung dan warisannya yang kaya akan sejarah.

(Dini Putri Rahmayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper