Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H+4 Lebaran, Pemudik Jabodetabek Masih Dominasi Jalur Pantura Cirebon

Jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Cirebon terpantau padat pada H+4 Lebaran, Minggu (14/4/2024).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Cirebon terpantau padat pada H+4 Lebaran, Minggu (14/4/2024). Pengendara arah Jawa Tengah menuju Jabodetabek masih memadati salah satu jalur utama tersebut. 

Pantauan Bisnis.com, kepadatan di ruas jalur pantura Kabupaten Cirebon terjadi mulai dari Kecamatan Kedawung hingga Kecamatan Plumbon sepanjang 7 kilometer. 

Kepadatan tersebut diperparah dengan adanya aktivitas pemudik maupun wisatawan di sentra oleh-oleh dan kuliner khas Cirebon, yang menyebabkan adanya beberapa titik parkir di bahu jalan. 

Pemudik, Wahidin (42) mengatakan, sengaja melakukan perjalanan balik ke Kota Depok melintasi jalur arteri. Hal tersebut lantaran untuk mencari beberapa oleh-oleh dari setiap kota yang dilintasi. 

"Keluar di Tol Ciperna untuk cari oleh-oleh di Cirebon. Tidak apa-apa macet, namanya juga mudik Lebaran," kata Wahidin, Minggu (14/4/2024).

Kapolresta Cirebon Kombes Sumarni mengatakan di sepanjang wilayah hukum Polresta Cirebon ditemukan sejumlah titik rawan kepadatan. Di antaranya, Pasar Sandang Tegalgubug, Pasar Minggu Palimanan, Pasar Pasalaran, Pasar Kue, dan Pasar Ikan Gebang.

Menurutnya, titik tersebut merupakan titik rawan lantaran Lebaran tahun ini bakal mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Selama arus mudik, Polresta Cirebon dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon menutup U-Turn atau area putar balik di sepanjang jalur pantura) Kabupaten Cirebon.

Penutupan tersebut dilakukan untuk mencegah adanya hambatan saat arus mudik maupun balik Lebaran. Area putar balik itu merupakan salah satu hambatan yang tidak jarang menimbulkan kemacetan.

"Kalau terlalu banyak U-Turn yang masih dibuka, antrean panjang kendaraan tidak akan terhindarkan dan semakin padat," kata Sumarni.

Selama masa arus mudik, Polresta Cirebon mengerahkan 1.711 Personel Gabungan Operasi Ketupat Lodaya 2024.

Ribuan personel itu dari personel Polri dan Instansi lain seperti Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Dinsos, BPBD, Jasamarga, PMI, PLN, Pramuka, Organda, Senkom, Orasi, GP Anshor dan lainnya. Sebagian personel pun melakukan penjagaan di  Indramayu, Kuningan, Majalengka, hingga Brebes, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper