Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelaikan Angkutan Umum di Garut Diperketat Jelang Mudik Lebaran 2024

Satlantas Polres Garut dan Dinas Perhubungan (Dishub) Garut meningkatkan intensitas pemeriksaan kelaikan angkutan umum menyambut mudik-balik Lebaran 2024.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, GARUT - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut dan Dinas Perhubungan (Dishub) Garut meningkatkan intensitas pemeriksaan kelaikan angkutan umum menyambut mudik-balik Lebaran 2024.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi mengatakan pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang kendaraan umum.

Selain itu, pemeriksaan tersebut merupakan agenda rutin yang biasa dilakukan menjelang hari-hari besar.

"Pengecekan ini sebagai langkah antisipasi untuk memastikan semuanya layak beroperasi," kata Andi di Kabupaten Garut, Rabu (20/3/2024).

Andi menyebutkan, pemeriksaan tersebut dilakukan di Terminal Guntur. Sasaran dalam pemeriksaan tersebut mulai dari angkutan kota (angkot), bus antarkota dalam provinsi (AKDP), dan bus antarkota antar provinsi (AKAP).

Menurutnya, pemeriksaan tersebut pun meliputi pengecekan kondisi rem, ban, kemudi, termasuk kelengkapan surat-surat kendaraannya semua diperiksa.

“Kendaraan harus dalam kondisi layak, sehingga diperbolehkan untuk melakukan perjalanan membawa penumpang. Ini juga bagian dari menghindari atau mengurangi risiko kecelakaan angkutan umum di jalan,” kata Andi.

Andi menambahkan, pihaknya bersama Dishub Garut tidak hanya hanya melakukan pemeriksaan kondisi kelayakan angkutan umum saja, melainkan mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas.

“Edukasi itu juga merupakan bagian dari Operasi Keselamatan Lodaya selama 14 hari sejak 4 Maret 2024 yang tujuannya mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya keselamatan dalam berkendara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper