Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komunitas Seni Tani Sukses Optimalkan Lahan Tidur hingga Hasilkan Komoditas Pangan

Pemuda di Kota Bandung sukses memanfaatkan lahan-lahan tidur menjadi kawasan yang menghasilkan ragam pangan hingga bernilai ekonomis.
Komunitas Seni Tani
Komunitas Seni Tani

Bisnis.com, BANDUNG — Pemuda di Kota Bandung sukses memanfaatkan lahan-lahan tidur menjadi kawasan yang menghasilkan ragam pangan hingga bernilai ekonomis.

Bahkan, dari praktik urban farming tersebut para pemuda yang tergabung dalam komunitas Seni Tani itu kini memiliki 142 pelanggan.

Bagian Program dan Edukasi Seni Tani, Mentari menjelaskan komunitas ini menerapkan sistem pertanian yang terintegrasi dengan sumber daya lokal.

“Tujuannya kita ingin punya kebun pangan yang bisa hasilkan pangan sehat buat masyarakat Kota Bandung,” jelasnya.

Mentari menjelaskan sejak berdirinya Seni Tani pada tahun 2020, mereka tetap konsisten untuk memperjuangkan tiga aspek yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi.

“Di sisi lingkungan, kami mengubah lahan tidur di kawasan lahan SUTT [Saluran Udara Tegangan Tinggi] Arcamanik. Di lahan tersebut kami menerapkan urban farming dengan memanfaatkan potensi sumber daya sekitar menjadi kebun pangan melalui pertanian organik yang berkelanjutan,” katanya.

Sedangkan dari segi sosial, Seni Tani melibatkan pemuda dan komunitas untuk mendapatkan "nature healing" melalui Kebun Komunal. Yaitu memberikan pelatihan urban farming serta menyediakan akses pangan lokal dan sehat. 

“Pada aspek ekonomi, para petani muda kota di Seni Tani berdaya dan mendapatkan kepastian pendapatan dari hasil penjualan hasil tani dengan pendekatan sistem CSA [Community Supported Agriculture],” imbuhnya.

Sayuran hasil panen dari Kebun Seni Tani, kata Mentari, didistribusikan dengan sistem CSA atau Tani Sauyunan. 

“Tani Sauyunan merupakan sebuah sistem yang bertujuan mendekatkan antara petani dan masyarakat. Di dalamnya terdapat kata Sauyunan, yang memiliki makna kebersamaan,” jelasnya.

Data menunjukkan ada 74 komoditi yang pernah Seni Tani tanam.

“Dari sekian banyak sayangnya yang bagus ditanam di wilayah ini adalah sayuran hijau seperti bayam, pakcoy, caisim dll,” jelasnya.

“Bagi masyarakat Kota Bandung yang mau langganan sayur bisa daftar ke Seni Tani. Tetapi wajib langganan minimal satu bulan dengan dibayar di muka,” ungkapnya.

“Petani akan mendapatkan kepastian pendapatan karena modal uang muka menjadi modal uang bertani. Kemudian nanti kita bisa menentukan harga. Kita punya paket yang bisa dipilih masyarakat,” jelasnya.

Sampai saat ini, Kata dia, total pelanggan Tani Sauyunan adalah 142 orang dan yang konsisten 17-20 orang setiap bulan.

“Kami ingin masyarakat peduli dari mana sih isi piring makanannya. Kita ingin banget masyarakat sadar,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper