Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Klinik di Bandung yang Layani Tes HIV/AIDS

Berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023, diketahui bahwa tercatat ada 31 kasus baru HIV/AIDS.
Hari AIDS Sedunia/timeandate
Hari AIDS Sedunia/timeandate

Bisnis.com, BANDUNG - Berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023, diketahui bahwa tercatat ada 31 kasus baru HIV/AIDS. Jika diakumulasikan, jumlah kasus HIV/AIDS di Kota Bandung mencapai angka 2.428.

Dari total kasus tersebut, 2.014 penderitanya adalah laki-laki, sementara sisanya merupakan perempuan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung adalah dengan layanan PDP.

Apa itu layanan PDP? dan di mana saja di Kota Bandung yang menyediakan layanan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Layanan PDP?

Dilansir dari akun Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bandung, PDP merupakan singkatan dari Perawatan, Dukungan, dan Pengobatan. Layanan kesehatan ini bertujuan memberikan perawatan, dukungan, dan pengobatan kepada individu yang menderita HIV/AIDS, terutama sebagai acuan untuk terapi antiretroviral (ART).

Perawatan untuk HIV/AIDS diselenggarakan melalui pendekatan yang berfokus pada penderita HIV dan infeksi oportunistik, serta melibatkan pendekatan masyarakat untuk memberikan dukungan sosial. Kedua pendekatan ini harus diimplementasikan secara menyeluruh dan komprehensif.

Pengobatan HIV/AIDS difokuskan pada pengurangan risiko penularan, penghambatan kemajuan infeksi oportunistik, dan peningkatan kualitas hidup bagi individu yang hidup dengan HIV.

Dukungan bagi penderita HIV/AIDS mencakup aspek psikologis, kesehatan mental, dukungan sosial ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk membentuk kelompok dukungan dan meningkatkan kemandirian agar mereka dapat menjalani hidup dengan kualitas yang optimal.

Daftar Rumah Sakit Penyedia Layanan PDP

1. Klinik Teratai, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin

Warga dapat mengunjungi Klinik Teratai ini untuk melakukan konseling terkait HIV, tes HIV, mendapatkan akses ARV, serta melakukan tes viral load. Mari geser unggahan ini untuk mengetahui lokasi Klinik Teratai RSUP Dr. Hasan Sadikin. Alamat: Jl. Pasteur No.38, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161.

2. Klinik Kemuning Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung (RSUD)

Di klinik ini, pasien bisa melakukan tes HIV dan mengakses pengobatan ARV juga. Alamat: Jl. Rumah Sakit No.22, Pakemitan, Kec. Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat 45474.

3. Klinik Angkasa, Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. M. Salamun Bandung

Pasien bisa mengunjungi klinik ini untuk melakukan tes HIV, mengakses pengobatan ARV, dan juga tes viral load. Alamat: Jl. Ciumbuleuit No.203, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142.

4. Klinik Kamandaka RSUD Bandung Kiwari

Berlokasi di lantai 2 Poli 20, klinik ini menyediakan pelayanan seperti konseling, tes HIV, perencanaan kehamilan, Early Infant Diagnostics (EID), pengobatan/terapi ARV, konsultasi gizi, pelayanan psikologis dan rohani, dan pendampingan. Alamat: Jl. Raya Kopo No.311, RT.03/RW.05, Situsaeur, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40233.

5. Klinik Pancaran Kasih RSU Bungsu

Rumah sakit ini memiliki klinik layanan PDP, di mana pasien dapat melakukan tes HIV, pengobatan/terapi ARV, konsultasi, pendampingan, dan lainnya. Alamat: Jl. Veteran No.6, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112.

6. Klinik Aster Rumah Sakit Dr. H.A. Rotinsulu

Alamat: Jl. Pasteur No.38, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161.

7. Poli Mawar RS Muhammadiyah Bandung

Klinik layanan Perawatan Dukungan dan Pengobatan (PDP) di Kota Bandung. Pasien dapat mendaftar dengan biaya pendaftaran PDP sebesar Rp 95.000. Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.53, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264.

(Dini Putri Rahmayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper