Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menghidupkan Literasi di Pinggiran Bandung

Kegiatan LLC tidak jauh berbeda dengan komunitas penggemar buku lainnya seperti mengadakan diskusi buku, diskusi suatu isu, berjejaring.
Salah satu kegiatan LLC/Istimewa
Salah satu kegiatan LLC/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Ketika itu, sekitar tahun 2017, Nurul Maria Sisilia atau kerap disapa Nurul yang tergabung dalam Rumah Baca Masyarakat (RBM) Kali Atas, Cicalengka, Kabupaten Bandung, melihat perkembangan kegiatan literasi yang dibangun oleh berbagai komunitas masyarakat di Cicalengka cukup menjamur.

Menyadari bahwa hal tersebut merupakan peluang untuk dapat mengembangkan literasi dan berjejaring, Nurul mengajak Agus Sopandi (almarhum) selaku pendiri RBM Kali Atas sejak tahun 2013 untuk mendirikan komunitas literasi yang menghimpun taman-taman baca di Cicalengka dan terbentuklah satu komunitas bernama Lingkar Literasi Cicalengka (LLC).

Per Maret 2023, terhitung ada sembilan taman baca yang tergabung dalam Lingkar Literasi Cicalengka yang terdiri dari Taman Baca Kali Atas (penggagas), Taman Baca Pohaci, Perpustakaan Kampung Bahera,TBM Pelita Hati, TBM Balarea, TBM Bumi Kapungkur, Perpustakaan Desa (Perpusdes) Pustaka Asih, Kedai Literasi Kopi nu Genah, TBM CIkahuripan.

Pada 4 Juli 2021, Agus Sopandi, pendiri yang berdedikasi, menghembuskan nafas terakhirnya di usia 57 tahun setelah bertarung melawan Covid-19. Kehilangan Agus ini, pada LLC, seakan menggiring mereka ke awal perjalanan kembali. Pasalnya, Agus adalah figur yang penuh semangat dan sangat aktif dalam menggerakan kegiatan literasi di Cicalengka.

Kegiatan LLC tidak jauh berbeda dengan komunitas penggemar buku lainnya seperti mengadakan diskusi buku, diskusi suatu isu, berjejaring. Namun, tidak berhenti di situ, LLC juga sesekali mengadakan suatu kegiatan sebagai agenda besarnya, yaitu mengadakan Festival Buku Pasar Biru yang berlangsung pada 24-26 Juni 2022 yang menjadi kegiatan LLC perdana setelah sekian lama dipukul pandemi.

Festival Pasar Buku Pasar Biru melibatkan bukan hanya komunitas penggiat literasi, komunitas seni-budaya, komunitas media dan usaha kreatif di Cicalengka pun turut disertakan.

Yang baru-baru dilaksanakan pada tahun 2023 adalah kegiatan Tjitjaalengka Historical Trip yang bertujuan untuk mengingat dan menyusuri kembali sejarah panjang Cicalengka lewat bangunan-bangunan bersejarahnya yang masih berdiri hingga saat ini.

“Di Festival Buku Pasar Biru itu ada bazar buku, ada pameran arsip sejarah Cicalengka, terus ada pertunjukan musik, diskusi buku dan ada juga kelas menulis feature,” tutur Nurul.

“Kalau Tjitjalengka Historical Trip ini cara yang baru, tema kegiatannya masih sama, ngangkat sejarah dan kebudayaan Cicalengka tapi lewat trip atau walking tour,” lanjutnya kepada Bisnis.

Sinergi dalam Membangun Literasi

Semangat LLC dalam membangun minat baca dan menulis di masyarakat tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Komunitas ini telah bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti perpustakaan, sekolah, dan pemerintah setempat. Selain itu, dukungan dari para donatur dan relawan juga sangat membantu dalam menjalankan program-program literasi yang diadakan oleh komunitas ini.

“Memang perlu kan event-event semacam itu bukan hanya sekadar nyodorin buku, jadi ada hal-hal lain yang dikenalkan kepada masyarakat lewat buku itu, beyond the book gitu,” Kata Nurul.

Nurul mengtakan jika terbentuknya LLC mempermudah taman baca satu dengan yang lainnya dalam melakukan kegiatan dan saling membantu seperti berbagi buku satu-sama lainnya. Jika masyarakat atau Lembaga-lembaga tertentu ingin menyumbangkan buku-buku layak pakai untuk dibaca terutama oleh anak-anak, juga ingin mengetahui informasi dan bergabung dalam kegiatan yang dilakukan LLC, bisa menghubungi langsung sosial media mereka di Instagram @lingkarliterasi.

LLC mencoba untuk memutus sulitnya masyarakat dalam mengakses bukan hanya buku atau bahan bacaan, tapi juga ruang untuk bisa mengembangkan minat dan bakat dalam literasi.

“Kekhawatiran dari saya yang selalu disuarakan itu, bahwa kita sebenarnya ga asing-asing banget sama buku, yang menjadi kesulitan mereka itu barangkali di akses,” Katanya.

Nurul menegaskan jika literasi bukan hanya berupa membaca sebuah teks, lebih dari itu, menurutnya literasi merupakan sarana untuk membaca pelbagai macam hal di luar teks seperti memahami isu-isu sosial yang terjadi di sekitar dan turut menyuarakannya ke masyarakat.

Minat baca dan menulis yang semula terpinggirkan kini semakin tumbuh dan berkembang di antara warga Cicalengka. LLC merupakan bukti bahwa dengan upaya bersama dan komitmen nyata, literasi dapat menjadi kekuatan mendorong perubahan sosial yang positif.

(Dini Putri Rahmayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper