Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RSUD Arjawinangun Cirebon Siap jadi Rujukan untuk Caleg Gagal

RSUD Arjawinangun di Kabupaten Cirebon menjadi rujukan untuk calon anggota legislatif (caleg) yang depresi akibat gagal dalam Pileg 2024.
Ilustrasi/Repro
Ilustrasi/Repro

Bisnis.com, CIREBON - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun di Kabupaten Cirebon menjadi rujukan untuk calon anggota legislatif (caleg) yang depresi akibat gagal dalam pemilihan legislatif (pileg) 2024.

Direktur RSUD Arjawinangun Bambang Sumardi menyebutkan rumah sakit yang berada di wilayah barat Kabupaten Cirebon ini sejak lama memiliki klinik pelayanan kesehatan jiwa.

Di dalam klinik tersebut, kata Bambang, terdapat 32 tempat tidur untuk perawatan pasien, empat ruang agitasi, satu ruang tenang, dan satu ruang semi tenang.

“Intinya, kami siap untuk menangani pasien (caleg gagal) tersebut. Kesiapan untuk menangangi pasien sudah kami siapkan sejak 2014,” kata Bambang saat ditemui di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (20/11/2023).

Selain ruangan untuk pasien, rumah sakit tersebut juga menyiapkan 20 tenaga kesehatan, satu dokter spesialis jiwa, dan tiga dokter umum di ruang instalasi gawat darurat (IGD).

Bambang menyebutkan, setiap momen pileg, RSUD Arjawinangun selalu menerima pasien yang gangguan jiwa. Namun, peningkatan tersebut tidak signifikan dibandingkan hari biasa.

“Ada momen penambahan pasien dalam gangguan jiwa, yakni setelah pelaksanaan pileg atau pemilu dan lebaran. Kalau lebaran, biasanya itu pasien titipan,” kata Bambang.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah daftar calon tetap (DCT) dalam pemilihan anggota legislatif di Kabupaten Cirebon sebanyak 677 orang.

Untuk pemilihan anggota legislatif DPR RI daerah pemilihan Jabar VIII, jumlah caleg sebanyak 153 orang. Ratusan orang caleg itu akan dipilih oleh masyarakat pada Rabu, 14 Februari 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper