Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menakar Visi Misi dan Kecakapan Bacapres dan Wapres di Sektor Ekonomi

Tiga pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden dituntut mampu membawa perekonomian Indonesia tetap stabil di tengah ketidakpastian ekonomi global.
Momen Jokowi bersama para capres 2024 yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo makan siang di Istana Negara, Senin (30/10/2023) / Setpres
Momen Jokowi bersama para capres 2024 yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo makan siang di Istana Negara, Senin (30/10/2023) / Setpres

Bisnis.com, BANDUNG -- Kondisi perekonomian dunia saat ini terus di ambang ketidakpastian. Ketidakpastian tersebut disebabkan oleh oleh resesi ekonomi maupun krisis iklim, krisis pangan, krisis energi hingga geopolitik yang terus memanas di sejumlah negara. 

Tiga pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo – Mohammad Mahfud Mahmodin dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka kini dituntut untuk mampu membawa perekonomian Indonesia tetap stabil di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Dalam visi-misi masing-masing kandidat mendadarkan, di antaranya target yang hendak dicapai dalam bidang ekonomi, strategi para bakal capres dan cawapres dalam mengatasi permasalahan ekonomi amat perlu dilihat dan diukur. Karena isu-permasalahan ekonomi dapat mempengaruhi kondisi Indonesia untuk mencapai “Indonesia Maju 2045”.

Dengan maksud menakar keunggulan terhadap visi-misi, kemampuan (kompetensitas dan integritas) untuk mengimplementasikan visi-misi pada sektor ekonomi tersebut dalam mengakselerasi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi maka, kitapolling.com melakukan jajak pendapat (polling) daring melalui fasilitas yang terdapat di yang dihelat selama 4 hari (26-30 Oktober 2023). 

"Dalam polling ini kami tidak menentukan responden secara acak untuk melakukan pengumpulan data, melainkan masyarakat pengguna internet yang berperan aktif mengakses materi/topik polling. Kemudian jumlah audiens dari masing-masing topik juga bervariasi," jelas independent Researcher, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (1/11/2023) 

Berikut adalah hasil jajak pendapat terkait 7 isu di bidang ekonomi yang dirangkum dalam pertanyaan sebagai berikut.

Diantara Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, menurut Anda pasangan mana yang mampu menjaga stabilitas harga sembako?

Dari 1653 audiens, Ganjar Pranowo – Mahfud MD (50,7%), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (11,7%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (5,5%), Tidak Tahu/Tidak Memilih (26%)

Diantara Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, menurut Anda pasangan mana yang mampu menciptakan lapangan kerja berkualitas dan aktivitas ekonomi produktif?

Dari 1401 audiens, Ganjar Pranowo – Mahfud MD (45,1%), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (21,3%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (11,9%), Tidak Tahu/Tidak Memilih (23,7%)

Diantara Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, menurut Anda pasangan mana yang mampu memajukan sektor industri kreatif?

Dari 1210 audiens, Ganjar Pranowo – Mahfud MD (97,6%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (1,4%), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (1%), Tidak Tahu/Tidak Memilih (0%).

Diantara Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, menurut Anda pasangan mana yang mampu mengurangi utang negara?

Dari 1559 audiens, Ganjar Pranowo – Mahfud MD (47,8%), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (20,1%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (13,5%), Tidak Tahu/Tidak Memilih (18,6%)

Diantara Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, menurut Anda pasangan mana yang mampu memperkuat nilai tukar rupiah?

Dari 1713 audiens, Ganjar Pranowo – Mahfud MD (53%), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (17,3%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (8,6%), Tidak Tahu/Tidak Memilih (26,1%)

Diantara Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, menurut Anda pasangan mana yang mampu meningkatkan pendapatan per kapita Indonesia hingga setara negara maju?

Ganjar Pranowo – Mahfud MD (42,2%), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (23,6%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (14,1%), Tidak Tahu/Tidak Memilih (20,2%)

Diantara Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, menurut Anda pasangan mana yang mampu meningkatkan perekonomian negara pada sektor Maritim?

Ganjar Pranowo – Mahfud MD (45,5%), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (19,4%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (13,6%), Tidak Tahu/Tidak Memilih (21,6%)

Selain tujuh isu tersebut kami juga melakukan jajak pendapat pasca KPU menutup masa pendaftaran capres dan cawapres terhadap elektabilitas tiga pasang bakal capres dan cawapres. 

Berdasarkan pertanyaan, "Bilamana pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dilaksanakan esok hari, diantara pasangan berikut, mana yang Anda pilih?”, maka dari 1560 audiens, sebanyak 40,9% suara memilih Ganjar Pranowo – Mahfud MD, lantas Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (20,3%), Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (14,3%), Tidak Tahu/Tidak Memilih sebesar 24,5% suara.

Bila melihat persentase suara dari audiens pada jajak pendapat ini, maka pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD tercatat memiliki kecakapan dan integritas dalam mengatasi permasalahan: menjaga stabilitas harga sembako, menciptakan lapangan kerja berkualitas dan aktivitas ekonomi produktif, memajukan sektor industri kreatif, mengurangi beban utang negara, memperkuat nilai tukar rupiah, meningkatkan per kapita setara negara maju, meningkatkan perekonomian pada sektor maritim.

Jajak pendapat periode ini menemukan sebanyak 24,5% audiens belum menjatuhkan pilihan atau bahkan tidak memilih tiga pasang figur yang sudah mendaftarkan diri buat mengikuti kontestasi pilpres 2024 mendatang. Dengan nilai yang begitu besar, para kandidat perlu melirik dan menggugah pilihan dari entitas yang mungkin bisa disebut sebagai swing voters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper