Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kertajati Bakal Lebih Optimal Berangkatkan Calon Jemaah Haji di 2024

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan calon jemaah haji tahun 2024 optimal diberangkatkan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.
Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat resmi beroperasi secara penuh pada Minggu (29/10/2023) - BISNIS/Ni Luh Anggela
Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat resmi beroperasi secara penuh pada Minggu (29/10/2023) - BISNIS/Ni Luh Anggela

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan calon jemaah haji tahun 2024 optimal diberangkatkan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Faiz Rahman mengatakan dengan beroperasi penuhnya Bandara Kertajati, maka kuota calon jemaah haji yang akan berangkat dari bandara itu juga mengalami peningkatan. 

"Jumlah jemaah haji yang diberangkatkan dari asrama haji Indramayu dan yang nantinya dipastikan berangkat dari BIJB Kertajati meningkat, mungkin di atas 39 ribuan jemaah haji," katanya di Bandung, Selasa (31/10/2023). 

Sebelumnya calon jemaah haji yang berangkat dari Kertajati hanya untuk wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning), Subang, Sumedang. 

"Jadi nanti yang di area Barat masuk ke Asrama haji Bekasi atau Pondok Gede, yang di area Priangan atau timur dan Utara Jabar ini dari asrama haji Indramayu dan bandaranya BIJB Kertajati. Potensinya ini area Jawa Tengah dan sekitarnya seperti Tegal, itu bisa juga," katanya. 

Sementara untuk daerah di Jawa Tengah yang akan berangkat dari BIJB Kertajati masih dalam koordinasi bersama Kementerian Agama. 

"Kalau berapa daerahnya kita belum tahu. Cuman secara teritorial dan jarak, paling logis di situ (Tegal) sangat memungkinkan," katanya. 

Faiz menambahkan, untuk calon jemaah haji asal Kota Bandung juga berpotensi bisa berangkat dari Kertajati. Mengingat akses dari Bandung ke BIJB Kertajati juga bisa semakin cepat karena ada Tol Cisumdawu. 

"Calon jemaah haji asal Kota Bandung nampaknya ke Kertajati. Kan sudah ada Tol Cisumdawu, lebih cepat. Kalau kemarin kan masih ke Bekasi," kata dia. 

Pemprov Jabar kini berkoordinasi juga dengan Kementerian Agama untuk melengkapi fasilitas Asrama Haji Indramayu. Menurutnya, ada beberapa fasilitas yang perlu dilengkapi agar bisa menampung para calon jemaah haji. 

"Tahun lalu kan bangunan utamanya, dan kemudian pondasi untuk masjid. Tahun depan dukungan dari Pemprov ini untuk penyelesaian bangunan masjid agar awal keberangkatan haji ini kita bisa maksimal," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper