Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSI Jabar Kecam Penurunan Baligo Kaesang dan Gibran di Indramayu

Mochamad Ryan Januar Akbar mengatakan penurunan sejumlah spanduk PSI di Indramayu diduga kuat datang dari pejabat Pemkab Indramayu.
Penurunan sejumlah spanduk dan baligo Ketua Umum Kaesang Pangarep dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka di sejumlah titik di Indramayu.
Penurunan sejumlah spanduk dan baligo Ketua Umum Kaesang Pangarep dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka di sejumlah titik di Indramayu.

Bisnis.com, BANDUNG--Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengecam adanya perintah penurunan sejumlah spanduk dan baligo Ketua Umum Kaesang Pangarep dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka di sejumlah titik di Indramayu. 

PSI telah melaporkan kasus tersebut ke Polres Indramayu melalui Sekretaris DPD PSI Indramayu Muhamad Jawahir Noor.

Ketua Biro Media dan Informasi DPW PSI Jawa Barat Mochamad Ryan Januar Akbar mengatakan penurunan sejumlah spanduk PSI di Indramayu diduga kuat datang dari pejabat Pemkab Indramayu. 

Pihaknya saat ini terus berusaha mengkonfirmasi intruksi tersebut.

“Kami mengecam adanya intruksi penurunan baligo bergambar Ketua Umum kami, Kaesang Pangarep, serta dukungan kepada Mas Gibran. Hal ini mencederai nilai-nilai demokrasi,” kata Ryan dalam keterangan resmi, Minggu (29/10/2023).

PSI mengecam keras adanya perintah menurunkan atribut, apalagi penurunan diduga kuat hanya berlaku bagi spanduk dan baligo bergambar Kaesang dan Gibran.

“Setelah kita lihat screenshoot dan video, perintah itu hanya untuk spanduk Kaesang. Kami pun mempertanyakan motif perintah ini,” ucapnya.

Ryan menegaskan, partai telah melaporkan kasus ini ke DPP PSI dan berkordinasi dengan Ketua DPD PSI Indramayu Juni Harto dengan harapan kasus ini diselesaikan setuntas-tuntasnya supaya tidak ada lagi upaya mencerai demokrasi, tidak hanya kepada PSI.

“Bisa jadi perintah ini datang dari seseorang yang lebih kuat. Pihak berwenang harus mengungkap kasus ini sampai terang benderang,” tegasnya. 

Sebelumnya, beredar isu adanya perintah penurunan sejumlah spanduk atau baligo Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan dukungan kepada Gibran Rakabuming Raka di Indramayu. 

Isu tersebut menyebar di aplikasi percakapan.Dalam tangkapan layar yang diterima wartawan, percakapan tersebut terjadi dalam grup Whatsapp bernama Kuwu Indramayu. Perintah penurunan spanduk atau baligo datang dari orang yang diberi nama Camat Indramayu.

“Wu, bntu penertiban spanduk atau baligho kesang karo gibran… Tertibkan..  Cabut bae.. Kuwu ngng bae uwong, awan Kien cabuti wu Cabut sekien Wu, difoto, kirim laporanne Wu meng kita,” tulis orang yang diberi nama Camat Indramayu tersebut, seperti dikutip dari tangkapan layar yang diterima wartawan.

Selain tangkapan layar percakapan di grup, beredar juga video penurunan spanduk atau baligo Kaesang dan dukungan kepada Gibran. 

Dalam video itu, seseorang mengkonfirmasi pihak yang menurunkan spanduk.

“Bu Lurah yang merintah ya? Istimewa ya Bu Lurah sudah memerintahkan. Kenapa tidak semua baligo?” kata orang yang merekam aksi penurunan baligo bergambar Kaesang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper