Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan Griya Masih Jadi Andalan Penyaluran Pembiayaan BSI Region Bandung

Sektor pembiayaan konsumer seperti BSI Griya oto dan pembiayaan emas masih menjadi andalan bagi BSI Region Bandung dalam penyaluran pembiayaan.
Hingga Juni 2023, BSI Region Bandung telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp11.954 triliun atau tumbuh 13,62% secara YoY yang didominasi berbagai sektor di antaranya Konsumer dan UMKM.
Hingga Juni 2023, BSI Region Bandung telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp11.954 triliun atau tumbuh 13,62% secara YoY yang didominasi berbagai sektor di antaranya Konsumer dan UMKM.

Bisnis.com, BANDUNG -- Sektor pembiayaan konsumer seperti BSI Griya oto dan pembiayaan emas masih menjadi andalan bagi BSI Region Bandung dalam penyaluran pembiayaan.

Regional CEO RO VI Bandung Fitria Ekayani mengatakan komposisi penyaluran tiga sektor tersebut jika diakumulasikan mencapai 44,49% dengan rincian, Griya 37,26%, pembiayaan emas 5,18% dan Oto 2,05%.

"Sementara untuk produk pendanaan yang menjadi andalan BSI [Bank Syariah Indonesia] Region Bandung didominasi oleh produk tabungan wadiah dan tabungan haji," jelasnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Hingga semester I 2023, Fitria menjelaskan BSI wilayah Bandung dan sekitarnya terus mengalami pertumbuhan positif, yang didorong oleh pertumbuhan pembiayaan yang berkualitas dan dana pihak ketiga (DPK) yang bergerak positif. 

Hingga Juni 2023, BSI Region Bandung telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp11.954 triliun atau tumbuh 13,62% secara YoY yang didominasi berbagai sektor di antaranya Konsumer dan UMKM. Sementara itu, BSI Region Bandung mengalami tren pertumbuhan Dana Pihak Ketiga positif yang fokus pada produk tabungan dan giro.

Hingga akhir tahun mendatang, perseroan fokus pada bisnis-bisnis yang terbukti mampu memberikan profit margin besar dengan tingkat risiko rendah, fokus pada bisnis yang terbukti resilience. 

"Selain itu, saat ini kami juga terus mendorong portofolio pembiayaan konsumer terutama BSI Griya. Dan juga BSI terus mendorong UMKM UMKM naik kelas khususnya di Jawa Barat. Di area kelolaan BSI Jawa Barat sendiri ada lebih dari 16.381 nasabah UMKM yang terus kami dampingi sehingga naik kelas dan mampu bersaing dengan usaha serupa," imbuhnya.

Untuk mencapai target, BSI terus mendorong akselerasi bisnis syariah di wilayah Bandung dan sekitarnya. Dengan menerapkan strategi baik dari sisi pendanaan maupun pembiayaan di antaranya penguatan tabungan wadiah yang bebas biaya admin, pembiayaan griya dengan tarif kompetitif dan juga pembiayaan UMKM dan pembiayaan KUR syariah. 

"Selain itu, BSI sendiri terus meningkatkan pelayanan perbankan kepada nasabah melalui layanan operasional akhir pekan (weekend banking). Total ada 15 cabang di wilayah BSI Region Bandung yang buka pada akhir pekan di sepanjang bulan Oktober 2023, dengan jam layanan mulai dari pukul 09.00 s.d 13.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, di Wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung, banyak hal yang menjadi potensi pengembangan ekosistem halal. Di antaranya industri pengolahan, sektor perdagangan dan pertanian.

"BSI wilayah Jawa Barat optimis bahwa seiring dengan peningkatan literasi masyarakat terhadap ekonomi syariah berpengaruh positif terhadap perbankan syariah baik dari sisi penempatan dana masyarakat, pembiayaan segmen retail maupun korporasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper