Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Pangan Tinggi, Pelaku Usaha Jasa Boga Minta Pemerintah Bikin Solusi

Fluktuasi harga pangan tidak hanya dirasakan dampaknya oleh sektor rumah tangga, tapi juga oleh sektor usaha utamanya pelaku usaha jasaboga.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Fluktuasi harga pangan tidak hanya dirasakan dampaknya oleh sektor rumah tangga, tapi juga oleh sektor usaha utamanya pelaku usaha jasa boga

Ketua DPC Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI) Kota Bandung Rachmawati Adam menilai dampak ini sudah terasa dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini, kata dia, sangat mengganggu stabilitas usaha para pelaku usaha jasa boga lantaran tidak bisa melakukan kalkulasi modal dengan baik. 

"Kami sangat kesulitan, apalagi kalau yang sudah kontrak, biasanya mereka kontrak saat harga masih stabil, nah saat ini harga sedang fluktuatif, sehingga kita harus memutar otak agar tidak merugi," ungkap dia kepada Bisnis, Selasa (10/10/2023). 

Untuk itu, ia mengatakan program utama kepengurusan sesegera mungkin berkolaborasi dengan para stakeholder PPJI yaitu pemerintah dan lembaga atau organisasi yang terkait serta supplier yang berkaitan dalam ekosistem bisnis jasaboga. 

Hal ini juga dilalukan sekaligus untuk mempercepat recovery anggota PPJI pascapandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh terhadap lini usaha jasa boga. 

"Pandemi Covid 19 banyak perusahaan yang terpuruk salah satu bidang usaha yang sangat terdampak adalah usaha jasa boga. Dalam rangka bangkit dari keterpurukan tersebut maka program jangka pendek dari kepengurusan baru adalah Pembinaan terhadap anggota dalam peningkatan skill, manajerial, pemasaran serta kelengkapan legalitas," jelas dia. 

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PPJI Kota Bandung Derry Septiadi mengatakan pihaknya berharap pemerintah bisa sesegera mungkin membuat kebijakan yang bisa menjadi solusi dalam kondisi saat ini. 

"Karena ini ranahnya pemerintah, saya berharap pemerintah bisa membuat solusi untuk kondisi saat ini," ungkapnya. 

Pasalnya, bahan baku utama usaha jasa boga, yakni kebutuhan pokok, belakangan harganya stabil di harga tinggi. Seperti beras, sayuran seperti wortel, hingga cabai-cabaian yang fluktuatif di harga tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper