Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kongres XXV PWI: Bey Ingatkan Pers Garda Terdepan Tangkal Hoaks

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar Kongres XXV Tahun 2023 yang dibuka pada Senin (25/9/2023).
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin

Bisnis.com, BANDUNG--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar Kongres XXV Tahun 2023 yang dibuka pada Senin (25/9/2023). 

Acara tersebut dihadiri oleh ribuan peserta dari 38 provinsi se-Indonesia di lokasi utama di Kota Bandung pada 24-26 September 2023.

Acara yang digelar di El Hotel Bandung, Kota Bandung ini turut dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin. 

“Jadi kita semua mengharapkan peran aktif PWI untuk mengawal pemberitaan yang informatif dan berimbang serta mampu menangkal berita-berita hoaks. Mungkin juga bisa mengadakan AI, yang kemudian bisa disinergikan dengan kerja wartawan untuk membantu menangkal berita-berita hoaks yang tidak benar beredar,” ujar Bey Machmudin, Senin, (25/9/2023)

PWI memiliki peranan penting dalam mensukseskan gelaran pemilu serentak 2024. Dimana, salah satunya yaitu sebagai mitra kerja pemerintah dalam memberikan pencerahan bagi publik melalui berita-berita yang menyesatkan dan menjadi garda terdepan dalam menangkal berita bohong (hoaks).

Menurutnya guna menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat jelang kontestasi Pemilu 2024. Terlebih, Pers juga diharapkan hadir secara proporsional dan profesional, serta menegakkan kode etik jurnalistik dalam menyebarkan informasi kepada publik. 

“Saya juga harap PWI bisa bersama-sama melakukan monitoring kerja-kerja para wartawan sampai ketingkat daerah dengan baik, dan mendorong peningkatan kualitas wartawan agar dalam melaksanakan kerja-kerja jurnalistik mampu memahami dengan baik kode etik," ungkapnya. 

Bey juga menyampaikan  media massa yang memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi pembangunan di daerah agar diketahui dengan baik oleh masyarakat. Sehingga, ia berharap media massa tidak membuat konten yang sedang viral dan mengandung unsur clickbait.

"Sehingga, dalam menghadirkan sebuah naskah tulisan dalam pemberitaan, yang sebisanya bukan sekedar mengejar clickbait. Kami mohon agar media massa bukan sekedar mengejar viral, namun lebih dari itu bisa memberikan pemahaman yang benar bagi publik. Jangan judul dan isi tulisan berbeda," tegasnya. 

Menurutnya dengan dipilihnya Kota Bandung sebagai tuan rumah Kongres XXV PWI tahun 2023 menunjukkan bahwa Kota Bandung menjadi salah satu pusat perkembangan Pers dan media massa nasional. 

“Sebagai Pj. Gubernur Jabar saya ucapkan terima kasih telah memilih Bandung, Jawa barat sebagai tempat dilaksanakan Kongres XXV PWI Tahun 2023. Selamat berkongres dan semoga hasil kongres ini dapat berjalan dengan baik, dan para wartawan dalam wadah PWI mampu menjawab tantangan di era digital,” pungkasnya.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper