Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Pelayanan, KAI Gelar Diklap Pelayanan Disabilitas

PT KAI (Persero) berkomitmen untuk menghadirkan layanan inklusif yang ramah kepada semua orang termasuk penyandang disabilitas.
Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para frontliner-nya dalam melayani pelanggan khususnya penyandang disabilitas, KAI juga mengadakan Diklap Pelayanan Disabilitas.
Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para frontliner-nya dalam melayani pelanggan khususnya penyandang disabilitas, KAI juga mengadakan Diklap Pelayanan Disabilitas.

Bisnis.com, BANDUNG -- PT KAI (Persero) berkomitmen untuk menghadirkan layanan inklusif yang ramah kepada semua orang termasuk penyandang disabilitas. Setiap stasiun maupun perkantoran di KAI, hampir semua dapat diakses dengan baik oleh penyandang disabilitas. 

Vice President Public Relations Joni Martinus mengatakan sejak diberlakukannya Undang-Undang No. 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, terjadi perubahan signifikan dalam perlakuan terhadap penyandang disabilitas di Indonesia. 

Salah satu aspek penting yang berubah adalah pelayanan publik, di mana penyandang disabilitas memiliki hak yang setara dalam akses, termasuk dalam penggunaan transportasi umum. 

Joni memastikan upaya peningkatan pelayanan inklusif ini tidak terbatas pada aspek fisik saja. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para frontliner-nya dalam melayani pelanggan khususnya penyandang disabilitas, KAI juga mengadakan Diklap Pelayanan Disabilitas. 

"Pelatihan ini bertujuan agar para frontliner KAI memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap beragam jenis disabilitas dan cara berinteraksi dengan mereka secara tepat dan sensitif," jelasnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (18/9/2023). 

Selain itu, para peserta juga diajarkan mengenai etika dan prinsip-prinsip layanan dasar yang memiliki nilai inklusif terhadap penyandang disabilitas.

Ia menjelaskan, materi diklap disampaikan oleh sejumlah fasilitator, termasuk individu-individu yang memiliki pengalaman dalam kepemudaan dan keterampilan kerja yang dapat membantu KAI menjadi perusahaan yang lebih ramah terhadap disabilitas. 

"Pemateri juga berasal dari mereka yang memiliki keterbatasan fisik seperti tunadaksa, tunarungu, dan tunanetra," jelasnya. 

Bahkan, ada seorang juru bahasa isyarat yang membantu dalam pelatihan ini. Diklap ini akan diimplementasikan oleh para peserta saat melayani pelanggan disabilitas di stasiun dan di dalam kereta.

Ia menjelaskan bahwa peserta dari program ini adalah para frontliner KAI yang secara langsung berinteraksi dengan pelanggan, seperti kondektur, prama/prami, customer service, petugas loket, petugas boarding, personel keamanan stasiun, dan sebagainya. 

"Mereka semua berperan penting dalam memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan disabilitas," jelasnya. 

Diklap Pelayanan Disabilitas telah dilaksanakan di Daop 1 Jakarta selama 3 hari, mulai dari tanggal 12 hingga 14 September 2023, dengan peserta yang berbeda setiap harinya. Ke depan, ia memastikan program ini akan diterapkan secara bertahap di beberapa wilayah kerja KAI.

"Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan pelayanan prima KAI kepada pelanggan disabilitas. Setelah mengikuti program ini, para peserta diharapkan akan menerapkan pemahaman dan etika layanan dasar kepada pelanggan disabilitas dalam tugas sehari-hari. Mereka juga dapat membagikan ilmu ini kepada rekan-rekan lainnya dalam upaya bersama menciptakan pelayanan yang lebih baik bagi semua pelanggan," tutup Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper