Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Kantongi Nama Pj Wali Kota Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah mengantongi sejumlah nama yang akan menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dok Antara
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dok Antara

Bisnis.com, BANDUNG -Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah mengantongi sejumlah nama yang akan menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan usulan nama-nama tersebut nantinya akan diserahkan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Selain mengusulkan nama Pj Wali Kota Bandung, pengganti beberapa kepala daerah lain yang habis masa jabatannya pada September 2023 juga telah diusulkan sejak beberapa waktu kemarin. 

"Sudah diusulkan semuanya, Kota Bandung atau yang berakhir di September dan Desember semua sudah diajukan," katanya di Bandung, Senin (31/7/2023). 

Meski begitu pihaknya tidak mengungkapkan siapa saja nama yang sudah diusulkan menjadi Pj bupati dan walikota kota. Namun memastikan nama yang diusulkan merupakan pejabat yang ikut bersama sejak awal memimpin Jabar di 2018-2023.

"Sedang proses Pak Sekda juga akan diberakhir dibentuk tim seleksi, kabinet saya keren-keren jadi yang memenuhi syarat semua akan melanjutkan Jabar Juara," ungkapnya. 

Sedangkan, untuk Pj Gubernur sendiri nantinya akan dipilih oleh Kemendagri. Namun, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat punya wewenang untuk mengusulkan tiga nama untuk menggantikan jabatan Ridwan Kamil yang akan berakhir pada 5 September 2023.

"Yang tidak diajukan hanya Pj Gubernur Jabar, karena saya yang diganti," katanya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi memberhentikan Yana Mulyana dari jabatan Wali kota. Keputusan ini diambil pada Rapat paripurna DPRD Kota Bandung, Jumat (28/7/2023).

Sekretaris DPRD Kota Bandung, Salman Fauzi mengatakan, Keputusan ini diambil merujuk pada masa jabatan yang akan berakhir pada 20 September 2023. Kesepakatan ini juga telah dibahas pada Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Bandung yang diselenggarakan Jumat, 28 Juli 2023.

Sebagai informasi, kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya di Jabar ada tujuh, termasuk jabatan Gubernur Ridwan Kamil. Berikut daftar lengkapnya:

Selasa 5 September 2023:

-Gubernur Jawa Barat

Rabu 20 September 2023:

-Kota Bekasi

-Kota Bandung

-Kota Sukabumi

-Kabupaten Bandung Barat

-Kabupaten Sumedang

-Kabupaten Purwakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper