Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BTN Ekspansi ke Kabupaten Bandung, Perkuat Pembiayaan Properti dan UMKM

Bank BTN menilai Kabupaten Bandung akan menjadi daerah pertumbuhan baru di Jawa Barat dalam satu dekade mendatang.
Peresmian KCP BTN Soreang, Senin (17/7/2023). 
Peresmian KCP BTN Soreang, Senin (17/7/2023). 

Bisnis.com, BANDUNG -- Bank BTN menilai Kabupaten Bandung akan menjadi daerah pertumbuhan baru di Jawa Barat dalam satu dekade mendatang. Hal tersebut bisa dilihat dalam pertumbuhan positif sektor properti dan juga usaha mikro kecil menengah (UMKM) setiap tahunnya.

Kepala Kantor Bank BTN Wilayah I Jawa Barat Benjamen Sihombing mengatakan Kabupaten Bandung menjadi daerah penting bagi pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat. Sehingga pihaknya menghadirkan KCP BTN Soreang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat di Kabupaten Bandung.

"Dimana ada gula di situ ada semut, jadi kita hadir di Soreang sebagai strategi lebih dekat dengan masyarakat," ungkap Benjamen usai peresmian KCP BTN Soreang, Senin (17/7/2023). 

Ia menjelaskan, pertumbuhan properti di Kabupaten Bandung secara normal terjadi di angka lebih dari 30 persen di wilayah Jawa Barat. Sehingga ia menilai perlu adanya pengembangan yang signifikan agar ekosistem perumahan di Kabupaten Bandung bisa mendongkrak capaian di BTN Kanwil I Jawa Barat.

"Kalau kita lihat dari sisi BTN Kanwil I Jabar dari sisi target kita untuk tahun ini tetap bertumbuh sekitar 15 persen. Ke dua kita harus punya strategi untuk mengembangkan semua daerah, utamanya saat ini kita kalau di Kabupaten Bandung ini kita anggap daerah pertumbuhan baru," ungkap dia.

Dengan hadirnya KCP BTN Soreang ini, diharapkannya mampu mendekatkan bisnis properti kepada masyarakat serta meningkatkan kolaborasi dengan pelaku usaha properti dan asosiasi.

"Asosiasi pengembang di sini kami lihat di sini sudah berkembang, utamanya ada REI, Apersi, Himpera itu sudah berkembang. Ini menjadi stimulator kita menjadi mitra kita untuk berkembang," jelas dia.

Selain itu, ia juga berharap pemerintah daerah ikut berperan aktif untuk membuka ekosistem bisnis properti yang lebih baik. Terlebih, ia melihat dalam lima hingga 10 tahun mendatang, Kabupaten Bandung bakal menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru layaknya Bodetabek terhadap Jakarta pada tahun 1980-an lalu.

"Jadi strategi kita bagaimana melakukan penetrasi ke wilayah Kabupaten Bandung. Karena kami melihat Kabupaten Bandung menjadi sangat strategis. Kalau kita melihat dari Kota Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat, itu cukup dekat, menjadi penyangga. Otomatis itu menjadi konsentrasi kita, sama dengan kita bicara Bodetabek terhadap Jakarta, jadi saya kita katakanlah untuk 10 tahun ke depan Soreang ini menjadi daerah pertumbuhan utama untuk Jawa Barat. Karena infrastruktur kita sudah ada, jalan sudah ada, teknologi ada, saya kita itu. Tinggal kita bagaimana serius mengembangkan dunia properti," imbuhnya.

Selain sektor properti yang menjadi fokus utama Bank BTN, sektor pembiayaan terhadap pelaku UMKMpun tak ingin dilewatkan. Sehingga ia berkomitmen bisa menyalurkan lebih banyak Kredit Usaha Rakyat dan kredit permodalan lainnya untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Kabupaten Bandung.

"Selain properti, Bank BTN juga mendukung UMKM di sini, salah satunya adalah dengan KUR, kredit modal kerja, ini jadi andalan kita untuk mendukung perekonomian di Kabupaten Bandung," jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana menilai hadirnya Bank BTN di Kabupaten Bandung bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnis di wilayahnya yang memang memiliki banyak perumahan subsidi.

"Saya kita ke depan saya berharap Bank BTN bisa menghadirkan banyak program yang bisa menguntungkan untuk masyarakat Kabupaten Bandung," jelasnya.

Ia pun berharap Bank BTN terus bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk membangun perekonomian yang saat ini terus tumbuh pasca Covid-19 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper