Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fornas ke-VII Digelar di Kabupaten Bandung hingga 9 Juli, 38 Provinsi Saling Bersaing

Menko PMK Muhadjir Effendy berharap gelaran Fornas VII 2023 yang digelar di Kabupaten Bandung bisa mendorong generasi sehat, cerdas, kuat, berkarakter.
Pembukaan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) Ke-VII 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.
Pembukaan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) Ke-VII 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Bisnis.com, BANDUNG-- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap gelaran Fornas VII 2023 yang digelar di Kabupaten Bandung bisa mendorong generasi sehat, cerdas, kuat, berkarakter, serta berakhlak mulia. 

"Untuk mencapai itu, salah satu caranya adalah dengan menggelorakan olahraga," ujar Menko PMK usai Upacara Pembukaan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) Ke-VII 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin. 

Muhadjir menjelaskan, dalam kaitannya dengan olahraga, pemerintah telah menerbitkan UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Dalam peraturan tersebut, ada tiga lingkup dari olahraga nasional.

Pertama, Olahraga Pendidikan, untuk membentuk karakter, jiwa sportivitas, jiwa kedisiplinan, dan produktif. Kedua, Olahraga Masyarakat, dan Ketiga, Olahraga Prestasi, yang selama ini sudah dilaksanakan di semua level, baik itu nasional, regional, dan internasional.

"Pada helatan Fornas ke-VII ini berada di dalam lingkup yang kedua itu, yaitu Olahraga Masyarakat, dengan tujuan untuk menjaga agar masyarakat hidup sehat, selalu dalam keadaan bugar dan gembira," ujarnya.

Lebih lanjut, Muhadjir menerangkan, selama ini ruang lingkup olahraga masyarakat belum banyak diketahui. Padahal, kata dia, seharusnya olahraga masyarakat lebih diketahui secara umum. Karenanya, dia meminta, momentum penyelenggaraan Fornas menjadi pendorong supaya olahraga masyarakat lebih dikenal luas.

"Selama ini yang tidak terlalu terkenal adalah olahraga masyarakat. Karena itu momentum malam ini adalah momentum yang luar biasa, momentum strategis dalam rangka untuk memasyarakatkan menggelorakan olahraga masyarakat," ujarnya.

Muhadjir mengatakan, peranan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) sangat besar dalam upaya untuk menggelorakan olahraga. Termasuk, kata dia, dengan penyelenggaraan Fornas yang dibidangi oleh Kormi Nasional akan berdampak besar dalam upaya menggelorakan olahraga masyarakat.

"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih pada Kormi yang telah memberikan sumbangsih besar dalam upaya kita menggelorakan olahraga. Mari kita masyarakatkan olahraga masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Fornas VII 2023 Jawa Barat Denda Alamsyah menginginkan masyarakat Indonesia agar terus sehat dan bugar dalam kesehariannya.

"Fornas adalah ajang yang bukan hanya bukan untuk kita saling bersilaturahmi saja, namun merupakan sarana menuju Indonesia sehat dan bugar,'' tutur Denda Alamsyah dalam sambutannya.

Ajang dua tahunan ini digelar pada 2-9 Juli 2023 dengan mengangkat tema "Merajut Potensi Olahraga Masyarakat Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045".

Kemudian, sebanyak 38 provinsi masing-masing provinsi melakukan defile atau pawai atlet kontingen yang akan mengikuti ragam kegiatan Fornas ke-VII. Diketahui, sebanyak lebih dari 23.000 atlet mengikuti kegiatan ini. 

Sebagai informasi, Pertandingan Fornas ke-VII itu dihelat pada 37 arena pertandingan yang tersebar di empat wilayah di Kabupaten Bandung, yakni Kecamatan Kutawaringin, Soreang, Rancabali, dan Margahayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper