Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Khoirul Usroh Berdayakan Warga dalam Produksi Fesyen Muslim

Aktivitas usaha di Pesantren Khoirul Usroh, Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang berhasil berdayakan masyarakat dalam produksinya. 
Aktivitas usaha di Pesantren Khoirul Usroh. /Bisnis
Aktivitas usaha di Pesantren Khoirul Usroh. /Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Aktivitas usaha di Pesantren Khoirul Usroh, Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang berhasil berdayakan masyarakat dalam produksinya. 

Hal tersebut disampaikan oleh Pengurus Pesantren Khoirul Usroh, Irmayadi kepada Tim Jelajah OPOP Bisnis Indonesia Perwakilan Jawa Barat, Jumat (30/6/2023). 

Ia menjelaskan, untuk aktivitas produksi produk fesyen muslim yang diproduksinya terletak di Kecamatan Cimanggung. Di sana, masyarakat sekitar ikut dilibatkan untuk mempercepat produksi baik gamis, kerudung dan pakaian muslim lainnya. 

"Di sana masyarakat dilibatkan, jadi kalau ada pesanan mereka langsung produksi," imbuhnya. 

Dalam satu bulan, rumah produksinya tersebut bisa membuat ribuan kerudung yang langsung ia jajakan melalui saluran penjualan digital. 

"Kalau sekarang ada pesanan, langsung diproduksi paginya, sore setelah selesai langsung kita ambil, dan packing untuk pengiriman," sambungnya. 

Setelah itu, biasanya akan dikemas dan diberi label oleh santri yang ada di pesantrennya sebelum akhirnya dikirim melalui kurir dari berbagai perusahaan. 

Menurutnya, spesifikasi produk yang ia buat sudah hampir menyamai standar yang dibuat oleh butik. Pasalnya, penjahit utamanya memang pernah bekerja untuk salah satu butik ternama. 

"Tapi untuk detail tentu kita tidak bisa menyamai produk yang dari butik karena kalau sama [dengan butik], kemungkinan harganya bakal lebih tinggi," jelasnya. 

Untuk sasaran penjualan, ia mengatakan produk dengan jenama HDH Factory ini memang menyasar market menengah ke bawah. "Kalau menengah ke atas belum kita garap," jelasnya. 

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah OPOP. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat, Bank BJB, BSI dan XL Axiata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper