Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lapas dan Disnakertrans Purwakarta Berkolaborasi Dorong Kemandirian Warga Binaan

Disnakertrans Purwakarta tahun ini kembali menyiapkan beragam pelatihan guna mendorong supaya warga yang sudah memasuki usia produktif bisa memiliki keahlian.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (tengah) saat membuka program pelatihan menjahit untuk warga binaan di Lapas Kelas IIB Purwakarta.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (tengah) saat membuka program pelatihan menjahit untuk warga binaan di Lapas Kelas IIB Purwakarta.

Bisnis.com, PURWAKARTA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta tahun ini kembali menyiapkan beragam pelatihan guna mendorong supaya warga yang sudah memasuki usia produktif bisa memiliki keahlian tertentu.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Purwakarta Didi Garnadi menuturkan beberapa program pelatihan yang disiapkan di antara adalah menjahit. Bukan hanya untuk masyarakat umum, dalam program kali ini pihaknya turut menyasar warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta.

"Dalam program pelatihan menjahit kali ini, kami berkolaborasi dengan jajaran Lapas Kelas IIB Purwakarta karena sasarannya adalah warga binaan," ujar Didi dalam keterangannya, Senin (19/6/2023).

Didi menjelaskan, program pelatihan ini diharapkan bisa menjadi bekal untuk para warga binaan di Lapas dalam menjalani kehidupan setelah bebas dari masa hukuman.

Menurut Didi, pelatih ini bukan pelatihan terakhir yang bakal di gelar di Lapas Kelas IIB Purwakarta. Karena, kata dia, pihaknya juga telah menyiapak beragam pelatihan di bidang lain untuk warga binaan tersebut.

"Kedepan kami juga akan menggelar pelatihan lainnya seperti pelatihan di bidang perikanan, bidang peternakan dan bidang pertanian atau pelatihan-pelatihan lainnya," jelas dia. 

Tak hanya itu, lanjut dia, jika ada warga binaan yang berprestasi dan memiliki semangat untuk mengembangkan usahanya setelah ikut pelatihan pemerintah tak segan memberikan bantuan permodalan.

"Insyaallah jika ada yang berprestasi kita akan bantu dalam permodalannya. Sehingga, mereka bisa bekerja secara mandiri," kata dia.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta Yusep Antonius mengatakan pemberian pelatihan warga binaan ini merupakan komitmen Lapas Kelas IIB Purwakarta dalam menjalankan Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 Tentang pembinaan dan pembimbingan narapidana.

"Dalam PP 31 itu disebutkan bahwa narapidana wajib mendapatkan pemberdayaan dalam pembinaan dan pembimbingan berupa keterampilan kerja dan latihan kerja. Untuk itu kami berkolaborasi dengan Pemkab Purwakarta melalui Disnakertrans untuk memberikan pelatihan kepada warga binaan," ujar Yusep.

Yusep menjelaskan, sebenarnya pelatihan kali ini merupakan program lanjutan yang sebelumnya telah diberikan kepada para warga binaan tersebut. Dia berharap, dengan pelatihan lanjutan ini skill para peserta bisa terus terasah.

"Ini merupakan pelatihan lanjutan, sebelumnya mereka yang dilatih ini telah mengikuti pelatihan dasar menjahit. Nah pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada warga binaan agar dapat meningkatkan keterampilan dan potensi kerja mereka setelah kembali ke masyarakat," tambah dia.

Yusep menambahkan, selain peningkatan keterampilan menjahit dalam program kali ini juga turut memberikan pemahaman tentang manajemen usaha dan pengembangan kreativitas dalam berbisnis fashion. Hal ini bertujuan untuk memberikan warga binaan bekal yang cukup untuk memulai usaha mereka sendiri setelah bebas nanti.

"Pelatihan menjahit ini merupakan salah satu langkah positif untuk mempersiapkan warga binaan agar nantinya dapat hidup mandiri dan berkontribusi positif dalam masyarakat setelah masa hukuman selesai," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper