Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Bandung Barat Gelontorkan Rp26 Miliar Bangun 3.000 PJU

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelontorkan anggaran puluhan miliar untuk pemasangan 6.000 penerangan jalan umum (PJU).  
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, BANDUNG BARAT -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelontorkan anggaran puluhan miliar untuk pemasangan 6.000 penerangan jalan umum (PJU). 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB Fauzan Azima mengatakan proses pemasangan ribuan PJU ini akan mulai digeber Juni 2023 mendatang. 

Ia mengatakan pemasangan PJU dilaksanakan di 500 kilometer lebih jalan kabupaten dengan anggaran dari APBD 2023.

"Pemasangan PJU baru dibiayai dari APBD KBB sebesar Rp26 miliar untuk 3.000 PJU. Sementara 3.000 PJU sisanya akan dibiayai dari bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Barat," ujar Fauzan saat ditemui Bisnis, Selasa (23/5/2023).

Pemasangan 6.000 PJU tersebut masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2018-2023 dan baru terealisasi pada akhir masa jabatan Bupati Hengki Kurniawan.

"PJU masuk dalam program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, yakni Bandung Barat Caang. Dengan penambahan 6.000 PJU berarti total akan terpasang 12.000 titik cahaya," kata Fauzan.

Menurut Fauzan, pemasangan PJU pada tahun 2018 sebanyak 6.000 PJU sudah teralisasikan sebesar 70 persen. Jika ditambah dengan pemasangan 6.000 PJU baru, sekitar 90 persen jalan kabupaten mestinya sudah dilengkapi lampu penerangan jalan.

Rencananya, proyek tersebut akan dikerjakan selama tujuh bulan mulai dari Juni hingga rampung di Desember 2023. Dengan pemasangan di setiap 40 meter, maka ruas jalan kabupaten di 165 desa akan lebih terang.

Kendati demikian, dalam pelaksanaan pengerjaannya Dishub KBB akan meminta pendampingan dari Aparat Penegak Hukum (APH) guna mencegah terjadinya pelanggaran hukum.

"Kami menginginkan hingga rampung pemasangan PJU ini, beres dari persoalan hukum," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper