Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca Ekstrem Masih Terjadi, Bupati Sumedang Minta Aparat Waspadai Potensi Bencana

Menurut prediksi BMKG, hujan lebat dan petir masih berlangsung hingga Mei 2023 dan berpotensi terjadinya banjir dan longsor.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta seluruh aparat kewilayahan untuk waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi di tengah cuaca ekstrim yang masih terjadi di Sumedang.

Bupati meminta kepada seluruh para Camat, Kades dan Lurah di Kabupaten Sumedang untuk siaga agar bisa melakukan mitigasi bencana di daerahnya masing-masing.

"Semua diminta waspada, para SKPD, Camat, Kades dan Lurah untuk siaga menghadapi cuaca ekstrem," tuturnya du Sumedang, Kamis (4/5/2023).

Menurut prediksi BMKG, lanjutnya, hujan lebat dan petir masih berlangsung hingga Mei 2023 dan berpotensi terjadinya banjir dan longsor.

"Pertama, di Cadas Pangeran longsor mal itu. Alhamdulillah BPBD, TNI dan Polri turun langsung. Malam sampai jam 1 saya masih menginstruksikan BPBD, PU dan Dishub karena di Sukapura Wado ada tanggul jebol," tuturnya.

Akibat kejadian tersebut, lalu lintas di Jalan Lingkar Barat Jatigede pun tertutup sehingga ia pun mengerahkan semua unsur untuk menanganinya.

"Ada tiang listriknya jatuh. Jalan tertutup. Kita kerahkan lagi aparat Pemda, TNI dan Polri. Kemudian tadi pagi dapat WA di pinggir sungai di Cieunteung Darmaraja ada rumah tergerus air," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta camat, Kades dan lurah selaku kepala wilayah agar peka terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi di lingkungannya masing-masing.

"Dengan kondisi ini, saya minta tolong betul-betul. Kita harus hadir di tengah-tengah masyarakat, cek dan ricek terutama mitigasi bencana," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper