Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lonjakan Arus Pemudik, 700 Kendaraan Masuk ke Tol Cisumdawu per Jam

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan menyebut pada H-3 lebaran, atau Rabu (19/4/2023) terjadi lonjakan pengguna Tol Cisumdawu hingga seksi 6.
Gerbang Tol Ujung Jaya Utama Tol Cisumdawu/Bisnis-Dea Andriyawan
Gerbang Tol Ujung Jaya Utama Tol Cisumdawu/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, SUMEDANG - Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan menyebut pada H-3 lebaran, atau Rabu (19/4/2023) terjadi lonjakan pengguna Tol Cisumdawu hingga seksi 6.

Setidaknya, sejak pagi hari terdapat 500-700 kendaraan per jam yang masuk Jalur Tol Cisumdawu hingga seksi 6.

"Arus mudik di Jalur Tol Cisumdawu terpantau mulai ramai. Ada 500-700 kendaraan yang melintas sejak dibuka tadi pagi," ujar Indra, Rabu (19/4/2023). 

Untuk itu, Indra mengimbau pengendara untuk berhati-hati dan tidak memaksakan mengemudi saat tubuh mulai lelah. 

Terlebih, Tol Cisumdawu relatif tol baru sehingga perlu penyesuaian mengendara dengan medan jalan yang dikenal memiliki kekhasan cuaca. 

"Kami ingatkan untuk tetap waspada, karena tol ini dibuka sifatnya masih fungsional, sementara. Jadi, kami imbau juga, bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan via Tol Cisumdawu, untuk mampir ke rest area sementara ini, jika merasa lelah atau mengantuk," kata Indra.

Indra mengatakan, hingga hari ini kendaraan yang mengakses Jalan Tol Cisumdawu mayoritas pemudik yang akan menuju Cirebon, Jawa Tengah dan sekitarnya. 

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bisnis, Tol Cisumdawu setiap harinya mengalami peningkatan volume kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Cileunyi hingga Gerbang Tol Ujung Jaya Utama. 

Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT Bagus Medi Suarso sebelumnya mengakui hingga Senin (17/4/2023), tercatat 1.602 kendaraan melintas di Tol Cisumdawu.

"Jadi memang belum banyak [yang melintas] ya, kemarin hanya 1.602 kendaraan pada hari Senin," kata Bagus, belum lama ini. 

Bagus pun memprediksi kenaikan volume kendaraan di Tol Cisumdawu bakal mulai terjadi Rabu (19/4/2023) atau H-3 Lebaran 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper