Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemacetan Masih Mengintai Pemudik di Jalur Selatan Jabar

Untuk mengantisipasi dan mengurai kepadatan arus lalulintas mudik di jalur Selatan, kepolisian sudah menyiapkan beberapa strategi penanganan.
Kondisi tol di Cikampek, Selasa (18/4/2023) pada arus mudik Lebaran 2023 / Jasa Marga
Kondisi tol di Cikampek, Selasa (18/4/2023) pada arus mudik Lebaran 2023 / Jasa Marga

Bisnis.com, BANDUNG— Pihak kepolisian memerkirakan lalui lintas Jalur Selatan Jawa Barat masih berpotensi padat hingga macet pada arus mudik, Rabu (19/4/2023).

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo mencatat jalur Limbangan dan Kadungora Kabupaten Garut, Gentong Kota Tasikmalaya serta Nagreg Kabupaten Bandung, merupakan titik rawan kemacetan dan kepadatan.

Menurutnya untuk mengantisipasi dan mengurai kepadatan arus lalulintas mudik di jalur Selatan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi penanganan.

“Di jalur Selatan adalah ruas jalan yang sempit, berkelok-kelok, tanjakan dan turunan curam serta adanya pasar tumpah. Kondisi tersebut membuat antrian kendaraan apabila terjadi kepadatan arus lalulintas dari arah Bandung menuju timur,” katanya dikutip Rabu (19/4/2023).

Menurutnya bila terjadi kepadatan dan kemacetan lalulintas di wilayah Limbangan Kabupaten Garut, pihaknya sudah menyiapkan cara bertindak untuk mengurainya. Dalam menangani kemacetan maupun kepadatan arus lalulintas di Limbangan, koordinasi antar wilayah (Polres) sangat diperlukan.

"Ada koordinasi antar wilayah-wilayah seperti Kabupaten Bandung, Garut dan Tasik Kota, sehingga dilakukan penutupan sepenggal. Jadi apabila terjadi macet, di jalur ujungnya yang di depan padat itu akan dibuka, dibelakangnya akan ditutup. Koordinasi antar wilayah, sepenggal-sepenggal akan dikirim," katanya.

Ibrahim mengatakan agar koordinasi antar Polres dapat berjalan dengan baik, maka di tunjuk seorang Perwira Menengah (Pamen) dari fungsi Lalulintas sebagai koordinator. Dengan adanya koordinator yang mengkondisikan dan mengatur setiap Polres, maka upaya untuk mengurai kemacetan dan kepadatan di Limbangan dapat berjalan secara sistematis.

Selain dilakukan sistem pengaturan lalulintas sepenggal, pihak kepolisian juga menyiapkan strategi lainnya seperti one way dan buka tutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper