Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman ke Jabar Stagnan, Operasionalisasi Tol Cisumdawu Jadi Harapan

Angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Barat melalui Bandara ataupun pelabuhan yang ada di Jawa Barat masih sangat minim.
Tol Cisumdawu/Bisnis
Tol Cisumdawu/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Barat melalui Bandara ataupun pelabuhan yang ada di Jawa Barat masih sangat minim.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat Masudijono mengatakan saat ini wisman yang tiba di Jawa Barat pada Februari 2023 tercatat hanya 47 orang.

"Itu pun wisman yang ada kebutuhan untuk perahu sandar di Pelabuhan Cirebon," ungkap Masudijono, Senin (3/4/2023).

Menurutnya, pascapandemi Covid-19 2020 lalu pertumbuhan kunjungan wisman ke Jawa Barat belum membaik.

"Seperti bulan-bulan sebelumnya, angka perkembangan wisman kita masih kondisi stagnan, walaupun ada naik turun tidak signifikan, karena angkanya cukup kecil," jelasnya.

Ada pun, salah satu langkah yang bisa mengakselerasi pertumbuhan kunjungan wisman ke Jawa Barat adalah dengan operasionalisasi Tol Cisumdawu.

"Mudah-mudahan Tol Cisumdawu segera dihidupkan. Sehingga nanti Kertajati maupun Husein Sastranegara sebagai penyangga bisa menerima wisman," jelasnya.

Masudijono menjelaskan, BPS mencatat kunjungan wisman yang datang ke Jawa Barat Februari 2023 sebanyak 47 orang. Sementara TPK hotel bintang dan nonbintang berada pada angka 38,93 persen.

Wisman yang tercatat datang ke Jawa Barat Februari 2023 sebanyak 47 orang, atau turun 34,72 persen dari bulan sebelumnya yang berjumlah 72 orang.

Sementara itu, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel di Jawa Barat pada Februari 2023 mencapai 38,93 persen, turun 0,22 poin dibandingkan TPK Januari 2023 yang mencapai 39,15 persen.

TPK hotel bintang Februari 2023 sebesar 49,39 persen, naik 2,89 poin dibandingkan TPK Januari 2023 yang mencapai 46,50 persen.

TPK hotel nonbintang pada Februari 2023 sebesar 19,97 persen, turun 4,73 poin dibandingkan Januari 2023 yang tercatat 24,70 persen.

Rata-rata lama menginap tamu di hotel bintang Februari 2023 tercatat 1,49 hari dan di hotel nonbintang selama 1,15 hari. (K57, K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper