Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Cirebon Targetkan Pendapatan Pajak Rp360 Miliar untuk Provinsi

Harapannya, pendapatan pajak untuk dana bagi hasil itu bisa mempercepat realisasi perbaikan infrastruktur Cirebon.
Ilustrasi perbaikan jalan
Ilustrasi perbaikan jalan

Bisnis.com, CIREBON-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon menargetkan, pendapatan pajak untuk dana bagi hasil provinsi sebesar Rp360 miliar pada 2023 ini. Diharapkan, perbaikan infrastruktur bisa segera terealisasi.

Ratusan miliar target pendapatan tersebut merupakan pajak kendaraan bermotor (Rp81,4 miliar), bea balik nama kendaraan bermotor (Rp61,1 miliar), pajak bahan bakar kendaraan bemotor (Rp79,2 miliar), pajak pengambilan dan pemanfaatan air permukaan (Rp356,3 juta), dan pajak rokok (Rp137,9 miliar).

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cirebon, Sri Wijayawati mengatakan, tahun lalu kontribusi pendapatan dari Kabupaten Cirebon untuk dana bagi hasil provinsi sebanyak Rp363,6 miliar.

“Kami memprediksi, pendapatan pajak dari Kabupaten Cirebon untuk Provinsi Jawa Barat bisa melampaui target,” kata Sri saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkab Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jumat (17/3/2023).

Sebelumnya, Bupati Cirebon, Imron Rosyadi meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera memperbaiki ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Cirebon.

Imron menyebutkan, sebagian ruas jalan provinsi yang berada di Kabupaten Cirebon dalam kondisi rusak. Kondisi tersebut terjadi selama beberapa terakhir ini.

Salah satu ruas di jalan provinsi di Kabupaten Cirebon yang mengalami kerusakan yakni, Jalan Pangeran Cakrabuana.

"Perbaikan ruas jalan provinsi itu kewenangannya pemerintah provinsi. Pemerintah daerah cuma punya kewenangan memperbaiki ruas jalan kabupaten," kata Imron.

Selain kepada pemerintah provinsi, pemerintah daerah juga meminta kepada pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk merencanakan perbaikan ruas jalan yang rusak.

Imron mengatakan, Bappenas siap merencanakan bantuan perbaikan jalan di Kabupaten Cirebon. "Bantuan perbaikan dari pemerintah pusat akan dilakukan pada 2024," kata Imron

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper