Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Jabar Zero New Stunting Diklaim Berbuah Positif

Data Dinas Kesehatan Jawa Barat capaian tahun 2022 menunjukkan prevalensi stunting di Jawa Barat 20,2% dengan penurunan 4,3% dibandingkan tahun 2021.
Stunting/istimewa
Stunting/istimewa
Bisnis.com,BANDUNG-- Angka penurunan stunting di Jawa Barat dalam tiga tahun terakhir menunjukan signifikasi.
Data Dinas Kesehatan Jawa Barat capaian tahun 2022 menunjukkan prevalensi stunting di Jawa Barat 20,2% dengan penurunan 4,3% dibandingkan tahun 2021. Prevalensi tersebut berada di bawah angka nasional sebesar 21.6%.
Sementara menurut data SSGI, rata-rata penurunan stunting dalam 3 tahun terakhir (2019,2021,2022) di Jawa Barat adalah 2% per tahun.
Plt Kadinkes Jabar Nina Susana Dewi mengatakan sejumlah upaya yang dilakukan dalam Percepatan Penurunan Stunting mengacu kepada Perpes 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang meliputi intervensi spesifik dan intervensi sensitif.
Di antara upaya-upaya tersebut adalah penguatan regulasi di tingkat Provinsi dan Daerah dalam mendukung kebijakan program terkait gizi masyarakat
"Melakukan pendampingan Puskesmas melalui surveilans gizi bersama Bu Cinta Ketua TP PKK Jabar," katanya Minggu (12/3/2023).
Ada juga Gerakan bersama minum Tablet Tambah Darah (TTD) Remaja Putri berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan, Kemenag dan Pemda Provinsi jawa Barat melalui GEMAZ (Generasi Emas Bebas Anemia dan Zero New Stunting).
"Pemberian Makanan Tambahan (MT) lokal melalui bantuan keuangan Kompetitif, Edukasi keluarga untuk mendukung balita mengkonsumsi MT dan monitoring konsumsi MT dilakukan di seluruh Kabupaten/ Kota di Jawa Barat," tuturnya.
Jabar juga memperluas kemitraan untuk pencapaian cakupan, meningkatkan kapasitas dan kegiatan pemicuan bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Nutrition International, dan lain-lain. 
Kemudian penyediaan Antropometri KIT melalui DAK Fisik dan pemanfaatan dana desa bersama Dinkes dan Puskesmas Kabupaten/ Kota.
Langkah lain adalah kolaborasi dan komitmen bersama stakeholders dalam melakukan percepatan pencegahan stunting serta pningkatan kapasitas petugas dalam tatalaksana gizi buruk di seluruh Kabupaten/ Kota 
"Jabar Zero New Stunting adalah satu “Gerakan Masif” untuk mewujudkan prevalensi stunting pada tahun 2023, yang merupakan program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam mendukung program nasional," tuturnya.
Dinas Kesehatan Jawa Barat menurut Nina berkomitmen mendukung percepatan penurunan stunting melalui pendekatan layanan intervensi spesifik kesehatan sesuai dengan Pepres 72 Tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler