Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani di Kabupaten Cirebon Minta Diakomodir Pemerintah Daerah

Tahun lalu berhasil ditemukan padi varietas baru yang merupakan kawin silang antara varietas Ciherang Mantap dengan Inpari 32.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Petani di Kabupaten Cirebon mendorong pemerintah daerah bisa mengakomodir petani yang mampu menghadirkan inovasi baru. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga ketersediaan pangan.

Salah seorang petani, Usman Effendi mengatakan tahun lalu berhasil menemukan padi varietas baru. Padi tersebut merupakan kawin silang antara varietas Ciherang Mantap dengan Inpari 32.

Varietas baru yang belum ia beri nama ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis lainnya. Dalam 1,5 hektare lahan padi, hanya menghabiskan pupuk semiorganik sebanyak tiga kwintal.

“Kalo uji coba ini berhasil, saya rencana akan bagikan varietas baru ini kepada petani. Tetapi, upaya uji coba ini perlu ada dukungan dari Dinas Pertanian supaya berhasil,” kata Usman kepada Bisnis.com di Kabupaten Cirebon, Senin (27/2/2023).

Usman menyebutkan, upaya yang harus dilakukan pemerintah daerah kepada petani yaitu, mengawal penerbitan hak paten dan menggratiskan sewa lahan pertanian milik pemda.

Menurutnya, hal tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas produksi padi di Kabupaten Cirebon dan mampu bersaing dengan daerah lumbung padi lainnya.

"Saya berharap kepada pemerintah bisa membantu mengurus hak paten atau mencoba tanam varietas baru ini lahan pemerintah. Itu kan pemda, punya 217 hektare lahan," kata Usman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper