Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKPD Kabupaten Cirebon Diminta Segera Lelang Barang dan Jasa

Hingga Senin (20/2/2023), belum ada satu pun SKPD yang mengadakan lelang pengadaan atau pekerjaan.
Ilustrasi lelang. /Freepik
Ilustrasi lelang. /Freepik

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon mendorong seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Cirebon untuk segera melakukan lelang barang dan jasa.

Kepala Bagian (Kabag) Barang dan Jasa Kabupaten Cirebon Jois Putra mengatakan hingga Senin (20/2/2023), belum ada satu pun SKPD yang mengadakan lelang pengadaan atau pekerjaan.

Padahal, sesuai surat edaran Bupati nomor 027/506/PBJ, di dalamnya bertuliskan tentang percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah tahun anggaran 2023.

Selain itu, tahun ini di Kabupaten Cirebon akan ada pembangunan sejumlah proyek besar, di antaranya lanjutan pembangunan Stadion Watubelah, Taman Pataraksa, dan Menara Masjid Agung Sumber.

“Perintah Bupati Cirebon harus segera lelang. Bulan Maret semua harus masuk,” kata Jois di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cirebon, Senin (20/2/2023). 

Jois mengatakan, upaya lain percepatan lelang barang dan jasa berlatar belakang instruksi presiden nomor 2 tahun 2022 tentang percepata peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM.

Lelang yang dilakukan sejak awal, lanjut Jois, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah yang dapat digerakkan dari awal tahun sehingga memicu efek berganda lebih luas.

“Supaya juga penyerapan APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) bisa dilakukan. Tahun lalu saja, hingga akhir tahun penyerapan belum 100 persen,” kata Jois.

Ditambahkan Jois, tahun lalu ada beberapa proyek pekerjaan yang tidak selesai sebelum waktunya. Hal tersebut terjadi karena lelang mulai dilaksanakan pada pertengahan 2022.

“Kalau telat, pengerjaan akan mundur. Perlu dipersiapkan secara matang. Kami harap juga teman-teman dari dinas mempersiapkan dari sekarang,” kata Jois.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper