Menengok Hypermarket Ternama Cirebon yang Sepi di Tengah Musim Gugur Gerai Ritel

Sepinya aktivitas jual beli di Transmart terjadi di salah satu gerainya yang ada di Kota Cirebon.
Sepinya aktivitas jual beli di Transmart terjadi di salah satu gerainya yang ada di Jalan dr Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon./Bisnis-Hakim Baihaqi
Sepinya aktivitas jual beli di Transmart terjadi di salah satu gerainya yang ada di Jalan dr Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon./Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Gerai hypermarket milik konglomerat Chairul Tanjung, Transmart, ramai diperbincangkan publik di media sosia beberapa waktu terakhir ini. Hal itu terjadi karena pusat perbelanjaan tersebut dalam kondisi sepi.

Sepinya aktivitas jual beli di Transmart terjadi di salah satu gerainya yang ada di Jalan dr Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Pantauan Bisnis.com, Rabu (8/2/2023), gedung Transmart terpantau sepi. Namun, aktivitas pengunjung dan pekerja di toko tersebut masih beberapa kali terlihat.

Dari hasil pantauan lainnya, area yang masih hidup dan didatangi yakni area lantai 1 atau tenant restoran serta kuliner. Di pojok area tersebut pun, disulap menjadi sanggar tari untuk anak-anak.

Sementara di lantai fesyen dan kebutuhan rumah tangga, terpantau sangat lengang. Beberapa pekerja yang ada di lantai tersebut terlihat hanya berdiam diri dan sesekali merapihkan produk di etalase.

Pekerja Transmart Cirebon, Lukman mengatakan, kondisi sepi tersebut terjadi sejak satu tahun terakhir ini. Meskipun melewati beberapa momen besar, pusat perbelanjaan ini tetap sepi pengunjung.

“Begini kondisinya, sepi. Tetapi setiap harinya masih ada yang datang,” kata Lukman kepada Bisnis.com di gerai Transmart Kota Cirebon, Rabu (8/2/2023).

Pengunjung, Siti Masithoh (29) mengatakan, sengaja datang ke Transmart Cirebon untuk mencari peralatan rumah tangga. Ada beberapa jenis barang yang mendapatkan potongan harga.

Menurut Siti, harga yang ditawarkan di Transmart lebih rendah dibandingkan dengan gerai lainnya di Kota Cirebon. “Memang murah-murah, mulai dari alat masak sampai kontainer pakaian. Harga yang dijual juga sama dengan harga di grosir,” kata Siti.

Jumlah hypermarket milik Chairul Tanjung berguguran di Indonesia. Sepanjang 2021-2023, ada sekitar 39 gerai Transmart yang tutup secara permanen.

Vice President Corporate Communication Transmart, Satria Hamid, mengatakan jumlah Transmart yang masih beroperasi di seluruh Indonesia hingga saat ini mencapai 95 gerai.

“Ada sekitar 95 toko di seluruh Indonesia. Kita masih buka,” kata Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid kepada Bisnis.

Satria menyebut, ada beberapa lokasi gerai yang berpotensi tumbuh signifikan yaitu di Cempaka Putih dan Kota Kasablanka, Jakarta. Kemudian di Padang, Cibubur, Trans Icon Surabaya, Trans Imam Bonjol di Denpasar, Bali, dan Buah Batu di Bandung.

Dia menyampaikan gerai milik PT Trans Lifestyle masih eksis di beberapa kota besar yang semuanya berjumlah 95 gerai seluruh Indonesia.

Gerai Transmart yang masih eksisting atau beroperasi terletak di Pekanbaru, Lampung, Palembang, Padang, Bandung, Bekasi, Semarang, Tangsel, Tangerang, Sidoarjo, Tegal, Karawang, Bali, Makassar, Kediri, Surabaya, Bogor, Cirebon, Manado, Palu, Lombok, Kupang.

“Untuk pemasok juga jangan khawatir. Konsumen juga tidak perlu ragu. Kita masih buka Sabang sampai Merauke,” ucap Satria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper