Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Cirebon Didorong Tingkatkan Kinerja Sektor Pariwisata

Kota Cirebon harus menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang datang ke Jawa Barat untuk menghabiskan waktu.
Pesisir Kejawanan di wilayah Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon./Bisnis
Pesisir Kejawanan di wilayah Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon./Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong Kota Cirebon meningkatkan kinerja sektor pariwisata sehingga bisa ikut menopang perekonomian provinsi.

Ridwan Kamil atau Emil ini mengatakan, Kota Cirebon harus menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang datang ke Jawa Barat untuk menghabiskan waktu.

“Kota Cirebon harus menyajikan pilihan kuliner yang banyak, pilihan hotel yang banyak, dan kenyamanan bagi pejalan kaki,” kata Emil saat silaturahmi dengan para tokoh di Hotel Prima, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (7/2/2023).

Kota Cirebon bakal lebih diuntungkan dengan adanya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalur bebas hambatan teranyar itu dikabarkan akan beroperasi dalam waktu dekat.

Emil mengatakan, waktu tempuh yang akan dirasakan warga dari Cirebon menuju Ibu Kota Jawa Barat, Bandung atau sebaliknya, hanya satu jam. Sehingga tidak perlu memutar melintasi Tol Cipali atau jalur arteri Bandung-Cirebon,” kata Emil.

Di hadapan tokoh masyarakat, Emil menyebutkan, Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang mengalami pertumbuhan ekonomi paling tinggi di Pulau Jawa pada 2022.

Berdasarkan data BPS Jawa Barat dalam rilis Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat 2022 yang dilansir Senin (6/2/2023) mencatat ketika perekonomian regional turut terpengaruh geopolitik yang mengganggu perekonomian global juga adanya kenaikan harga BBM, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jawa Barat Tahun 2022 mencapai 5,45 persen year-on-year (yoy).

Sempat terperosok pada angka LPE -2,52 persen pada 2021 lalu karena pandemi Covid-19, Jawa Barat mulai bangkit seiring terkendalinya kasus.

Bahkan LPE 2022 nyaris mendekati LPE Jawa Barat di masa awal kepemimpinan Ridwan Kamil 2018 lalu di angka 5,65 persen dan melampaui LPE 2019 di angka 5,02 persen.

Emil mengatakan, performa ekonomi masyarakat di Jawa Barat terus meningkat. Bahkan, realisasi investasi provinsi tersebut menjadi paling tinggi selama lima tahun berturut-turut.

“Pertumbuhan ekonomi Jabar lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya di Jawa atau pun nasional,” kata Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper