Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

8 Rekomendasi BI Cirebon untuk Jaga Pertumbuhan Ekonomi Ciayumajakuning 2023

Ada delapan rekomendasi dari pihaknya untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di Ciayumajakuning tetap baik.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  14:36 WIB
8 Rekomendasi BI Cirebon untuk Jaga Pertumbuhan Ekonomi Ciayumajakuning 2023
Ilustrasi - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon mengeluarkan jurus jitu untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) tetap baik selama 2023.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon Hestu Wibowo mengatakan ada delapan rekomendasi dari pihaknya untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di Ciayumajakuning tetap baik.

Rekomendasi tersebut yakni, menciptakan iklim investasi yang kondusif; mendorong sistem logistik efisien; meningkatkan peran pemda dalam meredam inflasi; mendorong kinerja ekspor dan investasi.

Kemudian, melanjutkan langkah koordinatif; mendorong realisasi fiskal pemerintah daerah; melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, dan menindaklanjuti kegiatan investasi serta produk unggulan.

"Bank Indonesia Cirebon memprakirakan perekonomian Ciayumajakuning masih akan tumbuh cukup resilien di tahun 2023 dengan pertumbuhan di kisaran 3,1-3,9 persen (yoy)," kata Hestu di Kota Cirebon, Rabu (18/1/2023).

Hestu mengatakan, pada 2023 ini inflasi bakal terjadi akibat adanya beberapa faktor.

Faktor tersebut yaitu, gangguan cuaca di mana La Nina mulai melemah dan bergerak ke El Nino, berlanjutnya tensi geopolitik, pencabutan kebijakan PPKM, kenaikan UMK 2023, dan persiapan pemilu 2024.

"Dinamika dan sejumlah tantangan global tersebut tentu berdampak pada perekonomian nasional yang menyebabkan kenaikan harga bahan baku yang tinggi dan berimplikasi pada meningkatnya tekanan inflasi.

"Selain berdampak pada perekonomian nasional, dinamika global tersebut juga turut berdampak pada perekonomian Jawa Barat dan Ciayumajakuning,” kata Hestu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia Pertumbuhan Ekonomi cirebon
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top