Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gubernur Sulteng: Daripada Belajar ke Korea Lebih Baik ke Jawa Barat

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura membawa jajaranya untuk studi tiru ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 20 Januari 2023  |  17:10 WIB
Gubernur Sulteng: Daripada Belajar ke Korea Lebih Baik ke Jawa Barat
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (kanan) membawa jajaranya untuk studi tiru ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan diterima langsung oleh Gubernur Ridwan Kamil.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura membawa jajaranya untuk studi tiru ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Rusdy diterima langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Jumat (20/1/2023).

Rusdy mengatakan kedatangannya sama dengan pemerintah daerah lain yang sudah lebih dulu belajar ke Jawa Barat. "Semua belajar sama Jawa Barat, karena Jawa Barat provinsi yang paling tinggi dia punya grade," katanya.

Menurutnya studi tiru ke Jawa Barat sama levelnya dengan melakukan studi ke luar negeri seperti Korea. "Daripada saya belajar ke Korea atau dimana, lebih baik saya belajar ke Jawa Barat," ujarnya.

Selain studi tiru pihaknya juga membuka kerjasama dan investasi mengingat sumber daya alam seperti tambang di Sulawesi Tengah cukup kaya dan beragam.

"Nikel, gas, emas, bijih besi. Ada delapan jenis tambang. Kemudian tentu perkebunan, perikanan juga besar. Tambang udang vaname," tuturnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan kedatangan Gubernur Sulawesi Tengah ingin mempelajari reformasi birokrasi di Pemprov Jabar karena penerapan merit sistem juara satu, terbaik di Indonesia juga pencapaian-pencapaian lain.

"Beliau penduduk tiga juta, kami 50 juta dengan kompleksitas luar biasa, saya kira semua ilmu yang dianggap baik silakan. Gratis, didukung termasuk bersekolah di BPSDM kita," tuturnya.

Sebaliknya Jawa Barat menurut Ridwan Kamil memohon dibukakan pintu investasi agar tak hanya pengusaha nasional ke Sulteng untuk urusan nikel.

"Kami juga ada perusahaan, pengusaha-pengusaha karena cuma karena kurang informasi mungkin pintunya tidak paham buka-nya dimana, kami mohon dibukakan. Sehingga nanti dalam setahun, dua tahun terdengar pengusaha Jawa Barat hadir di Sulawesi Tengah dan birokrasi Sulawesi Tengah juga membaik setelah belajar dari Jawa Barat," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar ridwan kamil
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top