Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih dari 2.000 Orang di Kabupaten Cirebon Sudah Memiliki KTP Digital

Lebih dari 2.000 orang di wilayahnya sudah mengaktivasi kartu tanda penduduk (KTP) digital yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Ilustrasi/Dirjen Dukcapil Kemendagri
Ilustrasi/Dirjen Dukcapil Kemendagri

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon memastikan lebih dari 2.000 orang di wilayahnya sudah mengaktivasi kartu tanda penduduk (KTP) digital yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon Iman Supriadi mengatakan pihaknya mengapresiasi masyarakat yang sudah mengaktivasi KTP digital.

Menurut Iman, penggunaan KTP digital ini merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi kelangkaan blangko yang kerap terjadi pada momen tertentu.

“KTP digital ini diutamakan kepada warga yang sudah melakukan perekaman, namun mengalami perubahan data atau kerusakan KTP. Sehingga nanti, cukup bawa HP saja. Tidak perlu bawa yang fisiknya," kata Iman di Kabupaten Cirebon, Selasa (17/1/2023).

Iman mengatakan, peralihan ke KTP digital sudah dilakukan sejak 18 November 2022. Sehingga, Kabupaten Cirebon menjadi salah satu daerah di Ciayumajakuning terbanyak.

Untukbisa menggunakan KTP digital ini, warga harus memiliki telepon pintar android dan mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang dikeluarkan oleh Kemendagri.

“Nantinya, akan diarahkan untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email serta nomor handphone. Setelah mengisi data, kemudian dilanjutkan untuk melakukan swafoto,” kata Iman.

Setelah proses tersebut dilakukan, aktivasi akun harus dilakukan melalui Disdukcapil atau kantor kecamatan terdekat. Karena, harus memindai kode batang melalui sistem yang terkoneksi dengan satelit.

Aktivasi akun ini sudah bisa dilakukan di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. "Untuk aktivasi, sudah bisa dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Cirebon," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper