Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertama Kalinya, Pupuk Kujang Raih Proper Emas dari KLHK

Direktur Utama Pupuk Kujang Maryadi menjelaskan torehan penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa perusahaannya turut bertanggung jawab kepada lingkungan.
PT Pupuk Kujang Cikampek diganjar penghargaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
PT Pupuk Kujang Cikampek diganjar penghargaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Bisnis.com, PURWAKARTA - PT Pupuk Kujang Cikampek di penghujung tahun ini diganjar penghargaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Perusahaan BUMN itu meraih Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) kategori emas. Raihan Proper emas ini adalah yang pertamakalinya diraih Pupuk Kujang.

Direktur Utama Pupuk Kujang Maryadi menjelaskan torehan penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa perusahaannya turut bertanggung jawab kepada lingkungan dan kemanusiaan.

"Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk menjalankan praktik bisnis berkelanjutan. Kami terus menerapkan prinsip ekonomi hijau dalam menjalankan usaha. Karena Pupuk Kujang tidak hanya fokus pada pencapaian profit, tapi juga bertanggung jawab pada lingkungan, masyarakat dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik," ujar Maryadi dalam keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Maryadi menuturkan, sejauh ini Pupuk Kujang telah melakukan berbagai upaya dalam menerapkan tata kelola lingkungan dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan antara lain pengurangan emisi, pengurangan limbah dan efisiensi energi. Selain itu, Pupuk Kujang terus melakukan berbagai program sosial untuk menyejahterakan masyarakat.

"Proper emas ini adalah sejarah untuk Pupuk Kujang. Kita akan berusaha mempertahankannya tahun depan," tegas dia.

Maryadi mengatakan, kunci meraih proper emas ini adalah kerja keras manajemen dan tim proper dalam membuat program-program berkualitas dan aksi nyata untuk membantu masyarakat dan lingkungan.

"Kita terus melakukan inovasi-inovasi terbaru untuk membuat program yang bermanfaat bagi petani, masyarakat dan lingkungan hidup," katanya.

Adapun Proper emas merupakan penghargaan tertinggi untuk perusahaan yang terbukti menerapkan sistem manajemen lingkungan yang baik. Diantaranya penerapan efisiensi energi, penurunan emisi, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3.

Dalam penghargaan proper emas tahun ini, Pupuk Kujang meraih poin paling tinggi di antara perusahaan pupuk di Indonesia. Berdasarkan catatan KLHK, Skor yang menonjol adalah aspek comunity development atau pembangunan masyarakat.

Pupuk Kujang dinilai berhasil membuat program yang membuat masyarakat menjadi berdaya dan bahkan bisa membantu orang lain.
Contohnya, program Kampung NanasKU.

Dalam program itu, Pupuk Kujang melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat petani nanas di Subang. Melalui pendampingan tersebut, petani nanas berkembang pesat hingga bisa membuat banyak produk turunan nanas. Bahkan bisa membantu korban bencana alam.

Selain memperoleh penghargaan proper emas, di hari yang sama, Pupuk Kujang juga meraih penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Karawang Aep Syaepulloh dan diterima oleh Vice President TJSL Pupuk Kujang Agung Gustiawan.

"Kami berterima kasih kepada Pupuk Kujang yang konsisten membantu masyarakat Karawang. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang banyak membantu UMKM di Kabupaten Karawang. Kami mengapresiasi perusahaan yang konsisten membuat proram yang membantu masyarakat Karawang," ujar Aep.

Pemkab Karawang menilai, Pupuk Kujang turut berperan dalam pembangunan masyarakat di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. “Kita terus membuat program untuk masyarakat. Di bidang ekonomi kita dorong umkm, di bidang sosial, Pupuk Kujang fokus membuat program pendidikan sarana air bersih dan pembangunan rutilahu," ujar Agung. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler