Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diklaim Jadi Masjid Terlengkap di Indonesia, Al Jabbar Jadi Ikon Jabar setelah Gedung Sate

Masjid Al Jabbar merupakan bangunan ikonik kedua yang dimiliki Jawa Barat selain Gedung Sate.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim Masjid Al Jabbar menjadi masjid dengan fasilitas terlengkap di Indonesia. 

Hal tersebut ia sampaikan usai meresmikan Masjid Al Jabbar, Jumat (30/12/2022). 

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Kawasan Masjid Al Jabbar tidak hanya memiliki area utama untuk beribadah, tapi juga ada area edukasi berupa Museum Rosul, area rekreasi berupa alun-alun dan area kolam retensi untuk mencegah banjir di kawasan Gedebage. 

"Kemudian kolamnya dan danaunya menjadi danau rekreasi, ada taman kota mengelilingi dengan tema 25 nabi dan rasul," kata Kang Emil. 

Selain itu, dengan hadirnya Masjid Al Jabbar yang menjadi Masjid Raya milik Jawa Barat, diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar masjid. 

Hal tersebut direalisasikan dengan hadirnya food court di belakang masjid yang akan diisi oleh pelaku UMKM. 

Sementara itu, khusus untuk Museum Rosul, ia memastikan baru akan bisa beroperasi pada Februari 2023. Pasalnya ada sejumlah hal yang masih disempurnakan, terutama dari segi Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Jadi masih ada proses yang sifatnya manajemen SDM-nya yang perlu dibereskan. Yang baru beres adalah infrastrukturnya," kata dia.

Untuk itu, menurutnya Masjid Al Jabbar merupakan bangunan ikonik kedua yang dimiliki Jawa Barat selain Gedung Sate. Dia pun berharap masjid itu bisa menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat di Jawa Barat.

"Gedung Sate sudah 100 tahun lebih, berikutnya Al Jabbar yang insyallah umurnya panjang seperti Gedung Sate," katanya. (K34) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper