Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Cianjur: Ridwan Kamil Siapkan Platform Digital Permudah Penyaluran Logistik

Tak hanya di Cianjur, Pisodapur nantinya bisa diaplikasikan juga untuk membantu korban bencana di daerah lain.
Pendistribusian logistik gempa Cianjur.
Pendistribusian logistik gempa Cianjur.

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meluncurkan platform digital Pisodapur atau Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur guna memenuhi berbagai kebutuhan logistik warga secara masif dan terukur.

Ridwan Kamil mengatakan dengan Pisodapur sistem akan menjadi terpusat dan diharapkan mampu menyuplai kebutuhan warga Cianjur korban gempa bumi dengan cepat dan tepat sasaran khususnya di masa tanggap darurat.

"Kita sedang siapkan pusat data, namanya Pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur). Nanti data, foto bantuannya seperti apa termasuk kebutuhan logistik, kelebihan dan kekurangan apa saja nanti muncul di situ," katanya dikutip Selasa (29/11).

Tak hanya di Cianjur, Pisodapur nantinya bisa diaplikasikan juga untuk membantu korban bencana di daerah lain. Pihaknya juga memastikan semua permasalahan di lapangan akan secara bertahap diselesaikan apabila sesuai dengan data. Untuk itu, hadirnya Pisodapur akan melengkapi apa-apa saja yang dibutuhkan warga, dan juga ada progresnya.

"Di sana ada berbasis peta, butuh apa nanti muncul. Kalau warna merah masih berbentuk laporan, kalau kuning sudah ada yang bertindak, kalau sudah hijau tindakan sudah terkirim,” tuturnya.

Gubernur juga menjelaskan, kunci cepat tanggap dalam penanganan gempa bumi Cianjur adalah disiplin dalam melakukan pertolongan. "Jadi kunci dari cepat beresnya tanggap darurat adalah kedisiplinan. Disiplin bagi yang membantu, disiplin bagi yang minta tolong, disiplin bagi yang melakukan tugas kenegaraan," ungkap Gubernur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper